by

XL Axiata Bersama Huawei Tingkatkan Jaringan

JAKARTA – Seiring pertumbuhan trafik data yang terus meningkat beberapa tahun terakhir, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berupaya meningkatkan kapasitas pada jaringan. Salah satunya dengan menerapkan teknologi terbaru “Smart Massive MIMO”, bekerja sama dengan Huawei. Melalui serangkaian uji coba yang telah dilakukan, penerapan teknologi ini telah berhasil meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan hingga beberapa kali lipat lebih besar.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, ”Seiring dengan semakin meningkatkan kebutuhan pelanggan atas layanan data dan internet, kami dituntut untuk mampu terus memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Trafik penggunaan yang meningkat harus diimbangi dengan kapasitas jaringan yang memadai agar kualitas layanan tidak menurun. Untuk itulah, kami menggandeng Huawei untuk menerapkan teknologi Smart Massive MIMO ini di area-area yang membutuhkan penambahan kapasitas jaringan.”

Teknologi Smart Massive MIMO merupakan teknologi yang menggunakan konsep multiple-input dan multiple-output radio yang dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi spektrum. Smart Massive MIMO memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan dengan memanfaatkan teknik massive antenna array dan feature beamforming. Selain itu, dari sisi  operasional jaringan, teknologi ini dapat memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan, sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan.

CEO of Huawei Indonesia Carrier Business, Andy Ma, mengatakan, “Teknologi ini merupakan evolusi teknologi di era 5G. Huawei Smart Massive MIMO juga merupakan sarana penting untuk mengatasi pertumbuhan trafik jaringan yang cepat. Huawei akan terus berkolaborasi dengan XL Axiata di bidang yang lebih teknis untuk memberikan pengalaman jaringan terbaik untuk meningkatkan layanan dan keberlangsungan bisnis ke depan. Saat ini, teknologi Huawei Smart Massive MIMO telah dikomersialkan di lebih dari 60 jaringan operator di seluruh dunia untuk meningkatkan kinerja dan daya saing jaringan mereka.”

Teknologi Smart Massive MIMO dari Huawei ini diimplementasikan untuk menjawab permasalahan pada area yang memiliki jumlah pengguna yang banyak dengan konsumsi trafik data yang tinggi. Dengan menerapkan teknologi ini, XL Axiata akan mampu menjaga kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data meskipun menggunakan platform atau aplikasi digital yang memerlukan kapasitas besar seperti antara lain, video conference, video streaming, webinar, dan video call.

Oleh XL Axiata, penerapan teknologi ini akan dilakukan dengan berfokus pada area dengan trafik penggunaan layanan data dan internet yang tinggi, seperti di lingkungan padat penduduk, perkantoran, tempat wisata, hingga pusat perbelanjaan. Selain itu juga sangat berguna untuk menjaga kualitas layanan di pusat layanan transportasi seperti bandara, pelabuhan dan terminal, atau juga di tempat penyelenggaraan event besar yang berpotensi terjadi lonjakan trafik.

XL Axiata juga akan menerapkan teknologi Smart Massive MIMO ini pada jaringan 5G. Selain dapat mendukung jaringan 5G, teknologi ini juga akan mampu meningkatkan kapasitas jaringan sekitar enam hingga sembilan kali lipat pada jaringan 5G dan juga efisien dalam penggunaan spektrum yang ada.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed