by

WSBK Angkat Ekonomi Masyarakat

THE MANDALIKA – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan gelaran World Superbike 2022 meningkatkan ekonomi masyarakat dari banyak aspek. Kalau jeli melihat, keterlibatan penyelenggara dari tahun lalu makin besar.

Hal ini tentu saja membuka peluang ekonomi dan menggerakkan tidak saja industri pariwisata. Di sisi lain, event besar seperti ini menjadi ajang belajar bagi putra putri NTB menjadi lebih kreatif dan profesional. Selain kehadiran UMKM dan penyedia berbagai kebutuhan penyelenggaraan, tenaga kerja yang terserap dari warga lokal.  Terutama pelajar dan mahasiswa menjadi cara belajar memperbaiki penyelenggaraan maupun potensi masyarakat,’’ kata Zulkieflimansyah di Media Center Indonesia Sirkuit Mandalika, Sabtu 12 November 2022 .

Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, peningkatan ekonomi NTB jika berkaca dari gelaran MotoGP dan WSBK lalu punya aspek langsungdan tidak langsung. ‘’Event lalu NTB dapat Rp 5,8 triliun. Semoga tahun ini bisa sukses juga mengingat WSBK kali ini punya keseruan rivalitas menjadi juara dunia”, ujar Sandi.

Hal lainnya, selama gelaran WSBK tahun ini, kunjungan wisatawan mencapai angka 6000 orang perhari dari target 8000 orang.

Secara umum, penciptaan 1,1 juta lapangan kerja bergantung pada penyelenggaraan event. Terutama bagi angka pengangguran NTB yang saat ini menyumbang pertumbuhan ekonomi 90 persen dari UMKM dan diatas nasional.

Terkait penyelenggaraan event event berikutnya di NTB, pihaknya bekerjasama dengan banyak pihak mendatangkan penonton dari luar negeri yang saat ini masih di angka 20 sampai 30 persen.

Strategi lain adalah dengan membuka interkoneksi antar kawasan ekonomi khusus dan penerbangan  langsung dari luar negeri serta kerjasama pariwisata dengan Malaysia dan beberapa negara di Asia.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed