by

Wisatawan Ke Bali Selama Libur Lebaran 435.308 Orang

BALI – Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima laporan kunjungan wisatawan ke Bali selama libur Lebaran Idul Fitri 1443 H  mencapai 435.508 orang. Mereka datang menggunakan transportasi udara mamupun laut. Salah satu titik yang banayak dikunjungi masyarakat yakni Monumen Garuda Wisnu Kencana.

Melalui rilisnya yang diperoleh dari Humas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, besaran kunjungan wisatawan ke Bali tersebut diperoleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sewaktu meninjau langsung kesiapan penerapan protokol kesehatan libur Lebaran di objek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, Kamis 5 Mei 2022.

Di GWK Bali, menurut Sigit, pengelola di lokasi wisata ini, telah menyiapkan strategi dan aturan dalam menerapkan protokol kesehatan bagi masyarakat yang berlibur. Prosedur satu per satu mulai dari bagaimana pembelian tiket dilaksanakan, dilihat bahwa di setiap corner-corner tertentu telah disiapkan aplikasi PeduliLindungi dan juga masker yang bisa dibagikan secara gratis. ‘’Tadi kita cek satu per satu, sampai dengan salah satu titik yang banyak dikunjungi masyarakat yakni monumen Garuda Wisnu Kencana. Didalamnya juga sama, seluruh prokes tetap dilaksanakan dengan baik,” kata Sigit.

Sigit menyebutkan kunjungan wisata di satu sisi dapat mendorong pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Bali. Namun, hal tersebut juga harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat terhadap seluruh wisatawan lokal maupun mancanegara. “Sehingga tentunya potensi ini disatu sisi, pasti meningkatkan perekonomian di wilayah Bali. Namun disisi lain, tentunya ada hal-hal yang harus kita jaga. Khususnya terkait masalah protokol kesehatan,” kata Sigit.

Ia menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) di seluruh objek wisata saat menghadapi libur Lebaran tahun 2022. Diingatkannya, agar masyarakat tetap menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan, utamanya memakai masker.

Sigit meminta seluruh pengelola tempat wisata untuk menyiapkan strategi serta aturan penerapan protokol kesehatan kepada wisatawan. Kepada seluruh  masyarakat, Sigit juga mengimbau, untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ketika menghabiskan waktu libur Lebaran 2022, bersama keluarganya.

Juga meminta disiapkan, aturan terkait protokol kesehatan. Sehingga, antara pengunjung dan kemudian lokasi yang dikunjungi sama-sama saling mengingatkan bahwa prokes tetap harus kita laksanakan sampai dengan saat ini.

Menurut Sigit, penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, merupakan bentuk antisipasi untuk tetap bisa melakukan pengendalian terhadap laju pertumbuhan Covid-19 setelah hari raya Idul Fitri 2022.

Karena memang harus diantisipasi pasca Idul Fitri nanti, harapannya laju Covid-19 bisa dikendalikan. Oleh karena itu, kunjungan wisata tentunya akan terus berlangsung sampai dengan hari minggu, kurang lebih ini akan terus meningkat. Ia menerima penjelasan bahwa saat ini kunjungan di GWK  juga sudah seperti saat situasi normal bahkan ada peningkatan.

Listyo Sigit Prabowo juga berharap di wilayah-wilayah lain terjadi hal yang sama. Karena itu tidak bosan-untuk mengingatkan terkait masalah prokes yang harus selalu kita jaga. ‘’Sehingga laju Covid-19, setelah ini tetap bisa kita kendalikan,” ujar Sigit.(*)