by

Wisata Kesehatan di RS Mandalika Lombok Tengah

MATARAM – Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memiliki gedung rumah sakit untuk layanan Medical Tourism (wisata kesehatan) di Sengkol Kabupaten Lombok Tengah.  Memiliki 100 kamar,  rencananya operasional rumah sakit tersebut dilakukan 2021 ini.

Kepala Dinas Kesehatan NTB Lalu Hamzi Fikri menjelaskan rencana operasional rumah sakit layanan wisatawan tersebut kepada Tempo, Kamis 3 Juni 2021.  Adamnya gagasan Medical Tourism di Lombok Tengah tersebut dikemukakan sejak 2019 lalu.

Namun, mengingat konsentrasi penanganan Covid-19, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata NTB, melakukan vaksinasi pelaku wisata. ”Juga program CHSE dan green zone daerah wisata Sembalun, Mandalika, Gili dan beberapa destinasi lainnya,” kata Lalu Hamzi Fikri yang sebelumnya menjabat Direktur RSUD Provinsi NTB.

NTB memiliki potensi cukup besar sebagai pusat medical Tourism di Indonesia. Dengan mengandalkan inovasi jasa layanan kesehatan unggulan,  RSUD NTB menjadi satu-satunya rumah sakit daerah di Indonesia yang masuk dalam e-katalog kesehatan.

Bersama rumah sakit lainnya di NTB, disamping memiliki fasilitas lengkap dan menawarkan inovasi produk jasa unggulan, juga didukung  pesona NTB yang memikat serta keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai destinasi super prioritas nasional. Apalagi balap motor paling bergengsi didunia, MotoGP akan digelar di Mandalika.

“Ini menjadi peluang bagi NTB untuk mengembangkan inovasi jasa layanan dibidang kesehatan yang terpadu dan terintegrasi dengan pariwisata, Yakni Medical Tourism,” ujar Lalu Hamzi Fikri waktu itu.

RSUD NTB menawarkan produk unggulannya berupa Pengobatan Radioterapi. Layanan radioterapi itu didukung peralatan canggih dengan kapasitas layanan penderita kanker bisa mencapai 80 pasien sehari.  Bahkan CT Scan Simulator milik RSUD NTB tersebut  merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Selain itu, Pesawat sinar radioterapinya pun merupakan pesawat versi yang paling baru, CT simulator yaitu untuk memetakan lokasi penyakit nya secara jelas dengan alat ini sebelum pasien dilakukan tindakan radioterpi.

RSUD Provinsi NTB yang memiliki fasilitas radio terapi, lainnya RSUD Kota Mataram juga memiliki hyperbaric chamber – yaitu fasilitas terapi oksigen Hiperbarik (Hyperbaric Chamber), yang biasa digunakan untuk memulihkan penyakit dekompresi akibat menyelam.

Tidak itu saja, rumah sakit lainnya di Lombok tidak mau kalah.  Seperti Rumah Sakit Harapan Keluarga menawarkan produk jasa layanan unggulan berupa “treatment cuci darah”. Demikian juga RS Risa Centra Medica dengan Baby SPA, dan produk kesehatan lainnya. Seluruhnya akan berkolaborasi dengan RSUD NTB sebagai fasilitator dalam program NTB Medical Tourism yang siap dipromosikan ke seluruh dunia ini, terangnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed