by

Warna Warni Pakaian Adat Meramaikan Peringatan Ulang Tahun NTB Ke-62

MATARAM – Saat acara Tasyakuran hari ulang tahun Nusa Tenggara Barat (NTB) ke 62 yang berlangsung di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB, Kamis 17 Desember 2020, Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama istri, tampil mengenakan pakaian adat Suku Sasak. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama istri yang juga turut  hadir dalam perayaan itu, tampak memesona mengenakan pakaian adat Samawa.

Tidak ketinggalan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah juga tampil anggun dengan pakaian adat Suku Sasak. Selain dimeriahkan dengan busana khas suku Sasak, Samawa dan Mbojo, pergelaran tasyakuran ini juga dimeriahkan oleh tarian kolaboasi Sasambo – Sunda.

Selain itu, pada momentum perayaan HUT NTB yang ke 62 tahun 2020 ini, Pemerintah Provinsi NTB mengukir sejarah baru dengan membangun kerjasama yang lebih erat lagi dengan Provinsi Jabar. Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan kemampuan SDM guna menyambut dan menyukseskan pergelaran MotoGP Mandalika, di tahun 2021 mendatang.

“Alhamdulillah Jawa Barat dengan pemimpinnya yang rendah hati, Kang Emil ini mau membantu kita dengan cepat, untuk membantu UKM-UKM dan anak-anak muda NTB berlatih, sehingga International event seperti MotoGP itu, menghadirkan keberkahan dan kemaslahatan buat masyarakat lokal sendiri,” kata Zulkieflimansyah.

Kerjasama kedua provinsi tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU kerjasama pembangunan daerah yang ditandatangani langsung oleh Gubernur NTB dan Gubernur Jabar serta disaksikan oleh seluruh hadirin tamu undangan.

Lebih jauh, pada penyelenggaraan HUT ke 62 NTB yang mengusung tema “NTB Gemilang, Indonesia Maju” ini juga dirangkaikan dengan peluncuran beberapa aplikasi dan program kerja yang menjadi kebanggaan dan kerja keras dari Pemprov NTB.

Adapun aplikasi dan program tersebut ialah, peluncuran aplikasi Silamo, aplikasi E-Mall, Bus Disabilitas, penyerahan SUT & SRUT Sepeda Listrik, Pabrikasi Sepeda Listrik dan Motor Listrik (NgebUTS, Le-Bui dan Matric-B) oleh IKM NTB, penyerahan 2163 unit mesin  dan perkakas buatan lokal yang akan dibagikan ke UKM, peluncuran Sistem Informasi Posyandu (SIP), peluncuran Mahadesa (BUMDes & GNE), dan peluncuran logo MotoGP Mandalika.

Pada penghujung acara, penonton disajikan sebuah penampilan yang luar biasa dari Gamelan Srikandi NTB Gemilang. Persembahan itu juga merupakan bentuk kecintaaan pada budaya yang diwarisi oleh nenek moyang masyarakat NTB.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed