by

Wagub NTT Puji Sirkuit Mandalika Indah

MANDALIKA – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Ttimur (NTT) Josef Nae Soe memuji sirkuit Mandalika sebagai sirkuit paling indah di dunia. Ia mengaku sudah melihat beberapa sirkuit di Eropah namun tidak ada seindah sirkuit Mandalika.

Pujian tersebut disampaikan di depan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalilah selesai mengunjungi sirkuit Mandalika, Rabu 2 Maret 2022 siang.  “Saya pernah mengunjungi beberapa sirkuit di Eropa, tapi tidak ada seindah sirkuit Mandalika,” kata Josef sewaktu berada di Bukit 360 Mandalika..

Menurut Josef, sirkuit Mandalika memiliki bukit hingga dikelilingi lautan yang menakjubkan. Sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke NTB. “Sirkuit ini amazing,” ujarmnya.

Sitti Rohmi Djalilah mengatakan pengaspalan ulang telah memenuhi target. Sehingga siap untuk  pnyelenggaraan balap MotoGP 18-20 Maret mendatang.

Sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 kilometer yang memiliki 11 tikungan ke kiri dan enam tikungan ke kanan yang sewaktu kali pertama diselesaikan menghabiskan dana Rp 1,3 triliun. Setelah tes pra musim dilakukan pengaspalan ulang mulai dari tikungan 17 hingga tikungana lima sepanjang 1.062 meter. Lintasan sirkuitnya saja menghabiskan Rp 899 miliar.

Untuk melakukan pengaspalan lintasan utama sirkuit Mandalika ini, mendatangkan batu dari Palu Sulwesi Tengah sebanyak 7.000 ton dan kapur dari Ponorogo dan Probolinggo. Lapisan aspalnya menggunakan PG (performance grade) 82 yang campuran dasarnya menggunakan Stone Mastic Asphalt (SMA). Batu dari Palu ini untuk bagian atas yang dapat menyerap aspal.

Sirkuit Mandalika ini kekhasannya dari tikungan 2 -3 yaitu sewaktu memasuki tikungan kedua berbelok dan miring ke kanan dan tikungan ketiga berbelok dan miring ke kiri. Sedangkan tikungan 6, 7, 8, 9 adalah pebalap bisa flowing (melaju tanpa menginjak rem) dan memasuki tikungan ke10 tampak pantai di selatan dan di sebelah kanan adanya bukit. Indahnya lokasi ini dilihat Dorna sewaktu berkunjung bulan April 2021 lalu.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed