by

Tim ISA Soccer Lombok FC Pecundangi Klub Irlandia Manortown United FC di Spanyol

MATARAM – Skuad muda Tim ISA Lombok FC U-16 tak ingin berlama-lama menghabiskan waktu setibanya di Barcelona, Spanyol. Para talenta muda yang diseleksi dari seluruh Indonesia itu melakoni laga persahabatan melawan Manortown United FC.

Sebagai informasi, Manortown United FC merupakan club kenamaan asal Irlandia. Manortown United FC juga merupakan salah satu rival Tim ISA Lombok FC U-16 saat turnamen di Barcelona nanti.

Pertandingan pertama ini merupakan pertandingan eksebisi dengan salah satu lawan, sebelum turnamen sebenarnya dimulai pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 mendatang.

Laga pertama bagi Tim ISA Lombok FC U-16 itu dihelat di Futbol Salou Sports Centre, Salou Barcelona yang merupakan venue turnamen Barcelona Football Festival pada Kamis, 25 Mei 2023.

Rilis yang diberikan Lombok Footbal Club, menyebutkan sejak menit awal, pasukan muda ISA Lombok FC U-16 itu tampil penuh semangat dan berani. Suasana lapangan yang diterjang hujan lebat dan angin kencang dengan suhu 16 derajat Celcius tak membuat pasukan “Kijang Rinjani” tampak kewalahan.

Mereka mampu beradaptasi dengan baik dan cepat sekalipun baru satu hari tiba di salah satu kota bersejarah dalam dunia sepakbola internasional itu.

Pertunjukan permainan cantik dengan kombinasi umpan pendek menjadi kekuatan. Tak ayal, Tim ISA Lombok FC U-16 mempecundangi Manortown United FC.

Tak tanggung-tanggung, Tim ISA Lombok FC U-16 menjebloskan empat gol ke gawang klub asal Irlandia tersebut. Tim ISA Lombok FC U-16 hanya kebobolan satu gol dengan skor akhir 4-1 untuk kemenangan Tim ISA Lombok FC U-16.

Dua gol ditorehkan pemain atas nama Satriaji, kemudian Faiz Nur Hilmi dan Pandji Akbar Prawira masing-masing menyumbang satu gol.

Presiden/CEO Lombok FC, Rannya Agustyra Kristiono yang turut mendampingi Tim ISA Lombok FC U-16 dari pinggir lapangan mengaku senang sekaligus bangga atas raihan hasil akhir tersebut.

Dara yang kini sedang merampungkan studinya di Brunell University, London, Inggris ini menjelaskan kondisi tim selama pertandingan.

Pada awalnya, para pemain sempat merasa minder melihat pemain-pemain asal Irlandia yang secara fisik jauh lebih besar dan tinggi dibandingkan dengan performa fisik para pemain Tim ISA Lombok FC U-16.

Ditambah cuaca hari ini yang kurang mendukung, yang membuat banyak pemain kita kedinginan dan kram ditengah pertandingan. Tetapi, hal-hal tehnis seperti ini tidak mematahkan semangat pemain-pemain ISA Lombok FC. ‘’Sehingga mereka menggunakan taktik bola-bola rendah maka mereka bisa memenangkan dengan skor 4-1,” kata Rannya.

Secara spesifik, ia memberikan pujian khusus kepada dua talenta muda berdarah Lombok yang turut ikut bersama tim ke Barcelona. Keduanya, diberikan kesempatan dan kepercayaan menit bermain penuh oleh tim pielatih.

Rannya berujar, Galang Sultan dan Januar Afandy telah memberikan performa yang baik di 30 menit pertama dan kedua. Mereka melakukan tekanan-tekanan yang membuat tim lawan kewalahan.

Dengan pertandingan persahabatan melawan Manortown FC dari Irlandia, banyak hal yang bisa dipelajari oleh para pemain ISA Lombok FC. Mungkin di 30 menit pertama pemain Lombok FC merasa minder karena mereka baru saja bermain dengan lawan dari luar negeri. ‘’Tetapi saya sangat bangga dengan recovery yang cepat di 30 menit kedua, mereka bisa membawa kemenangan yang telak untuk tim,” ucap Rannya.

Dirinya berharap kemenangan di laga persahabatan tersebut dapat memicu dan melipatgandakan semangat daya juang Tim ISA Lombok FC U-16  Dia berharap ini bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi tim ISA Lombok FC untuk menghadapi tim-tim lain di turnamen yang akan mulai diselenggarakan pada Sabtu, 27 Mei nanti. ‘’Harapan kami tentunya para pemain kami mampu memberikan performa maksimal,” ujarnya.

Asisten Manajer Tim Serena C. Francis menilai penampilan para pemainnya telah menujukkan kualitas yang cukup bagus. Jika tim mampu konsisten menujukkan penampilan seperti itu ditambah dengan kerja keras dan disiplin, Serena menilai Tim ISA Lombok FC U-16 bisa memetik hasil optimal pada turnamen nanti.

Walaupun ada beberapa kendala di pertandingan tadi, pemain-pemain kami tetap bersemangat untuk meraih skor yang signifikan melawan Manortown United FC, Irlandia. ‘’Semoga pertandingan tadi bisa menjadi motivasi para pemain kami di turnamen Barcelona Football Festival yang akan datang,” ujarnya.

Pelatih Tim ISA Lombok FC  U-16,  Imran membeberkan strategi yang dirinya terapkan di laga eksebisi tersebut. Ia mengaku menggunakan taktik ala Pep Guardiola. Dengan skema itu, Tim ISA Lombok FC U-16 mampu mengusai 80 persen penguasaan bola.

Pada awal pertandingan ISA Lombok bermain dengan posisi 4-3-3 dan pada saat 30 menit kedua, posisi diganti menjadi 3-2-4-1. Ini adalah taktik yang dipakai Pep Guardiola saat Manchester City melawan Real Madrid kemarin. Taktik ini sangatlah bermanfaat bagi kami karena dengan menggunakan strategi ini, kami berhasil meraih ball possession 80% selama pertandingan,” pungkas Imran.(*)