by

Ticket Gratis Pelajar Nonton Balap di Sirkuit Mandalika

MATARAM – Guna menyukseskan penyelenggaraan final World Super Bike sekaligus perdana kejuaraan balap pertama di Sirkuit Mandalika, 19 – 21 November 2021 mendatanag, Gubernur Nusa Tenggara Barat  Zulkieflimansyah menggratiskan ticket untuk 20 ribu orang pelajar dan santri serta 3.000 orang vaksinator.

Tiket gratis untuk mereka ini diberikan sewaktu kejuaraan balap motor Asia Challenge, untuk bisa menyaksikan para pembalap-pembalap dalam Asia Chalenge yang kebanyakan anak-anak muda yang sebaya dengan usia pelajar SMA/SMK. ”Agar menjadi inspirasi bagi mereka ke depan yang berminat menjadi pembalap,” katanya, Rabu 29 September 2021.

Sirkuit Mandalika yang disebut sebagai Mandalika International Street Circuit bakal pertama kali menggelar kejuaraan setelah dibangun oleh PT Pengembangan Pariwisata Indoneisa atau Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC senilai Rp 1,3 triliun.

Selain itu, Zulkieflimansyah yang menginginkan Nusa Tenggara Barat atau NTB sukses menjadi tuan rumah event dunia World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022.  Sebelum pelaksanaan event dunia tersebut, gelar kejuaraan balap motor yunior Asia Challenge seminggu sebelum gelaran WSBK dilaksanakan menjadi uji coba kesuksesan.

Sepekan sebelum diselenggarakannya World Superbike pada 19 – 21 November 2021, NTB juga akan menjadi tuan rumah dari event Junior MotoGP atau Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang akan di laksanakan di Sirkuit Mandalika, 12 – 14 November 2021 mendatang.

Untuk itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, akan menghadiahkan tiket gratis bagi santri pondok pesantren yang ingin menyaksikan secara langsung event MotoGP Junior itu. “Saya akan menghadiahkan tiket gratis bagi santri madrasah Aliyah di bawah naungan Pondok Pesantren di Lombok Tengah,” katanya sewaktu memberi sambutan di depan santri Yayasan Raudlatul Ma`arif, Bebie, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu 29 Sepetmber 2021.

Zulkieflimansyah memberikan kesempatan kepada para santri agar mereka memahami segala dinamika event-event dunia di Lombok Tengah. “Nantinya akan gratiskan sekitar 200 sampai 300 orang santri. Untuk transportasinya, disediakan Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah,” ujar Zulkieflimansyah.

Ia sebelumnya telah bertemu dengan pelaksana event Junior MotoGP atau Idemitsu Asia Talent Cup yang akan digelar di Sirkuit Mandalika tanggal 12 – 14 November depan. Zulkieflimansyah menjanjikan tiket gratis untuk 3.000 lebih vaksinator NTB dan 20 ribu pelajar SMA dan SMK.

Akan dapat free tickets dari MGPA untuk semua vaksinator di NTB yang telah berjuang siang dan malam memperjuangkan vaksinasi di NTB terus meningkat. ”Sehingga mencapai 70 persen agar berada di Level 1 dan siap menjadi tuan rumah event International ini”, ucapnya sehari sebelumnyua di Kuta Mandalika, Selasa 28 September 2021.

Sebanyak 20 ribu tiket gratis juga dijanjikan untuk pelajar pelajar SMA dan SMK se NTB agar rasa memiliki terhadap event ini terasa di hati mereka. Idemitsu Asia Talent Cup ini adalah ajang pembuka di sirkuit Mandalika, seminggu sebelum World Superbike yang digelar 19 – 21 November 2021.

Ajang balap pencarian bakat yang digelar Dorna Sports selaku organizer MotoGP dan WSBK ini banyak menyumbang pembalap ke ajang Moto3 dan selanjutnya naik ke Moto2 dan MotoGP atau WSBK. Dari 100 kandidat sementara ajang Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2022, kini terdapat 20 remaja Indonesia dari usia 12 hingga 16 tahun. Mereka terpilih dari 400 kandidat awal dari 22 negara. Kandidat tersebut berasal dari 10 negara, yakni Indonesia, Jepang, Australia, Malaysia, Philipina, Saudi Arabia, Thailand, India, Taiwan dan Vietnam. Enam pembalap perempuan diantaranya berasal dari Indonesia. Menurutnya, suksesnya balap motor Asia Challenge, awal suksesnya WSBK dan MotoGP.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed