by

Tenun Lombok dan Sumbawa Dihadirkan di Bali

DENPASAR – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Nusa Tenggara Barat (Dekranasda NTB) gelar tenun melalui fashion show pada Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 9 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, Rabu, 2 November 2022.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti model yang ditampilkan koleksi casual dan cook. ‘’Cocok untuk fashion nonton balap motoGP ya,’’ katanya, Kamis 3 November 2022 pagi.

Kegiatan akan menjadi agenda bersama juga  di ajang MotoGP. fashion week utk busana ready to wear .alternatif busana casual etnik  NTB  Bali goes to MotoGP.

NTB membawa empat orang disainer yaitu Diah Kahar, yang membawa tenun Kembang kerang Lombok Timur, Andre Madapangga dengan produk tenun Kre Alang Sumbawa, Linda Hamidy, tenun Pringgasela Lombok Timur dan Ferry Kuncoro. menampilkan tenun Sumbawa kombinasi Bima dan Lombok. ‘’Mereka khusus untuk tampilan Dekranasda NTB,’’ ujar Nuryanti.

Fashion show yang dipimpin langsung oleh Ketua Dekranasda NTB. Niken Saptarini Widyawati sebagai perwujudan keseriusan Dekranasda dalam meningkatkan eksistensi tenun yang merupakan kekayaan adat dan budaya NTB di Nusantara.

Nuryanti menjelaskan NTB dan Bali memiliki nota kesepahaman antar provinsi yang ditanda tangani oleh Gubernur NTB dan Bali.  Serta dilanjutkan perjanjian kerja sama antar organisasi perangkat daerah (OPD). Salah satu bentuk kerjasama adalah membangun komitmen untuk saling fokus mengembangkan produk lokal untuk pemenuhan masyarakat dua provinsi. ‘’Serta menjalin kerjasama pemasaran juga karena NTB dan Bali sama-sama daerah pariwisata,’’ ujarnya.

Ketua Dekranasda Bali berharap pelaku IKM dan UMKM tak mematok keuntungan yang terlalu tinggi hingga mencekik konsumen. ‘’Mengusung tagline barang berkualitas dengan harga pantas,”  ucapnya.

Ketua Dekranasda NTB Niken Saptarini Widyawati, yang tampil mengenakan balutan tenun Sumbawa, menyampaikan bahwa kehadiran Dekranasda dalam pameran tersebut, merupakan suatu kehormatan dan sebagai bentuk kerja sama Bali dan NTB. “Pameran IKM Bali Bangkit yang luar biasa dan merupakan sebuah ide yang sangat cemerlang untuk membantu UKM kita yang sempat terpuruk karena pandemi yang menimpa kita di Indonesia dan seluruh dunia,” tuturnya.

Disampaikan pula, bahwa kerjasama ini merupakan langkah awal langkah-langkah selanjutnya yang lebih sukses. “harapan kami pameran IKM Bali Bangkit ke-9 bisa menjadi pameran yang lebih sukses lagi, semoga juga mudah-mudahan ada yang bisa kita pelajari dari NTB untuk pandangan ini dan secara umum bisa mengangkat UKM di Indonesia,” tambahnya.

Niken mengundang Dekranasda Bali beserta jajarannya untuk turut menyaksikan kejuaran Superbike 2022 yang akan terlaksana pada 11 hingga 13 November ini. “Kami juga mengundang ibu Ketua Dekranasda Bali beserta jajarannya untuk hadir dalam kegiatan Dekranasda Award Nusa Tenggara Barat, dan juga mengundang para desainer di provinsi Bali untuk ikut serta dalam lomba rancang, bersama teman-teman NTB,” katanya.

Ketua Dekranasda Bali, Putri Suastini Koster, menjelaskan tujun  penyelenggaraan Pameran IKM Bali Bangkit ini, selain sebagai wadah bagi pengrajin untuk memasarkan produknya, pameran juga dimaksudkan sebagai tempat pembinaan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed