by

Telkom Target Fiber Optik di Mandalika Tuntas September 2021

MATARAM – PT Telekomunikasi Indonesia memastikan kebutuhan infrastruktur telekomunikasi di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika untuk menunjang kelancaran akses internet menjelang World Superbike pada November 2021 mendatang dan event MotoGP pada Maret 2022.

Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko menjelaskan, infrastruktur jaringan internet di kawasan Mandalika akan diperkuat melalui fiber optik atau Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang ditargetkan rampung September tahun ini.

Sekarang Telkom sudah mulai membangun SKKL dari Mandalika ke Bali. Jadi nanti ke arah Bali ada dua kaki kabel fiber optik. ”Kemudian perbaiki konektifiti Lombok ke arah luar sehingga peluang Lombok untuk black out sangat kecil,” katanya didampingi Kepala Diskominfotik NTB Najamudin Amy saat mengunjungi sirkuit MotoGP di Mandalika, Kamis 10 Juni 2021.

Dijelaskanya, Telkom juga akan membangun akses fiber optik transport ke arah Mandalika dengan dua kaki yang diambil dari dua Sentral Telepon Otomat (STO) yaitu dari arah Selong  Lombok Timur dan Gerung. Sehingga kemungkinan black out nya sangat kecil. Langkah ini untuk menjamin kebutuhan jaringan internet di kawasan Mandalika.

Jadi akses jaringan internet fiber optik nya di dalam kawasan maupun diluar sangat cepat. Aksesnya juga bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar baik untuk perumahan dan lain-lain. Sehingga Telkom memastikan kebutuhan internet dapat terwujud untuk mensukseskan program pembangunan di kawasan Mandalika.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko bersama Kepala Diskominfotik NTB Najamudin Amy serta rombongan juga mengunjungi Credit Limit Supervision (CLS) atau kantor layanan monitoring terhadap batasan penggunaan pemakaian pascabayar/Kartu Halo baik di dalam negeri dan di luar negeri. Termasuk melihat kabel landing station fiber optik dari laut ke darat di sekitar dermaga nelayan di Kuta Mandalika.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed