by

Tari Kembang Sembah Hibur Pemudik Arus Balik di Bandara Internasional Lombok

 PRAYA – Sebuah tarian unik asal Kabupaten Lombok Utara Kembang Sembah, di persembahkan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah Nusa Tenggara Barat (BPPD  NTB) bekerjasama dengan Lombok Airport untuk menghibur para pemudik pada arus balik Lebaran, di Gate Keberangkatan Bandara Internasional Lombok (BIL), Rabu 26 April 2023 pagi.

Tarian Kembang Sembah merupakan sebuah tari tradisi garapan baru yang diangkat dari kehidupan adat istiadat masyarakat suku Sasak, khususnya di Kabupaten Lombok Utara yang gerakannya dikreasikan dari berbagai macam gerakan dasar tari Sasak yang mencerminkan rasa suka cita dan kegembiraan terhadap kehadiran tamu agung sebagai sebuah bentuk penghormatan.

Pertunjukan Tari Kembang Sembah ini merupakan bentuk pelepasan Liburan Lebaran kepada para pemudik NTB yang diharapkan dapat meninggalkan kesan baik dan melengkapi kebahagiaan mereka yang telah menikmati momen momen  indah kebersamaan dengan keluarga selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

Tidak hanya mempersembahkan Tari Kembang Sembah, BPPD NTB juga menampilkan Mini Show Penyesek untuk memperkenalkan salah satu akar budaya Suku Sasak yang masih terjaga kelestariannya hingga sekarang.

Selain itu BPPD NTB juga membagikan ratusan brosur berisi informasi tentang destinasi wisata unggulan di setiap kabupaten dan kota yang ada di Provinsi NTB dengan tujuan untuk memperkuat pengetahuan para pemudik tentang pesona keindahan dan keragaman wisata Nusa Tenggara Barat agar bisa mereka ceritakan kembali kepada teman, kolega atau masyarakat luas di daerah tempat tinggal masing masing.

Ketua BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardhani menerangkan bahwa para pemudik yang notabene merupakan warga Nusa Tenggara Barat yang sedang menetap di daerah atau negara lain adalah salah satu senjata kuat yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan  pariwisata NTB secara langsung. ‘’Mouth to mouth di luar daerah atau luar negeri,’’ katanya.

Logikanya, masyarakat di luar daerah atau di luar  negeri yang ingin berlibur ke NTB akan berusaha menggali informasi tentang NTB dan biasanya lebih mempercayai setiap informasi yang mereka dapatkan langsung dari orang NTB sendiri yang kebetulan mereka kenal atau yang tinggal di lingkungan mereka. ‘’Dan hal itu merupakan senjata yang sangat ampuh untuk meyakinkan orang agar datang berlibur,”, ujar Baiq Ika.

Persembahan mini show hasil kerjasama BPPD NTB dengan Lombok Airport ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi NTB untuk meningkatkan public awareness tentang keunikan budaya dan ragam pesona wisata yang dimiliki provinsi NTB.

Diharapkan dengan upaya ini, pariwisata NTB akan semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed