by

Tanpa Heboh, Mandalika Tuan Rumah Ultra Trail 100

MANDALIKA – Selama dua hari, 4 – 5 Desember 2021 kemarin, kegiatan sport Mandalika Ultra Trail 100 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  diselenggarakan senyap di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Ultra Trail 100 ini melombakan lari berstandar internasional dengan kualifikasi Ultra Trail du Mont Blanc (UTMB), yang terdiri dari tiga kategori jarak tempuh yakni 114 kilometer (km), 51 km, dan 25 km. Pesertanya 202 orang pelari dari 6 negara antara lain Brazil, Cina, Belanda, Inggris, Norwegia, dan Indonesia.

Penyelenggaranya FOneSport yaitu penyelenggara event trail running marathon dan event triathlon, yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Melalui keterangan pers, Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan bangga Mandalika telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan event sport tourism bergengsi. ”Akan semakin memperkuat brand image The Mandalika sebagai destinasi sport tourism unggulan di Indonesia,” katanya.

Lomba lari ini juga telah dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan tidak melanggar koridor-koridor yang telah ditetapkan pemerintah untuk mencegah terciptanya outbreak.

Pendiri FOneSport Hendra Wijaya dikutip menerangkan bahwa sebagai lokasi event Mandalika Ultra Trail 100, The Mandalika memiliki unique selling point sebagai destinasi pariwisata yakni keindahan alam hamparan pantai dan jajaran perbukitan hijau. Di samping pemandangan yang indah di kawasan The Mandalika. ”Pelari juga telah menemukan medan yang menantang di sepanjang rute lari,” ujarnya.

Kawasan The Mandalika memiliki beragam kontur yang menantang bagi pecinta olahraga ‘trail’sehingga dapat memicu adrenalin para peserta. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kawasan The Mandalika dipilih menjadi lokasi ajang Ultra Trail 100. ”Alhamdulillah memenuhi ekspektasi kami bahwa The Mandalika merupakan venue yang layak untuk event ini, ” ucapnya.

Ia juga menyebutkan akan kembali menyelenggarakan event ini tahun depan dengan target peserta yang lebih besar dan luas.

Sebagai sebuah destinasi pariwisata yang dikembangkan dengan konsep sport tourism, The Mandalika telah menjadi venue berbagai kejuaraan olahraga baik tingkat nasional maupun internasional. Kejuaraan tersebut antara lain balap motor dan mobil seperti World Superbike (WSBK), Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) serta Mandalika Offroad Championship, Surfing seperti (MHA) Open Surfing, paralayang seperti Trip of Indonesia/TROI, dan event multisport seperti Hutama Karya Endurance Challenge: Lombok Series dan TNI Marathon.

Tahun 2022 mendatang, The Mandalika kembali akan menjadi tuan rumah balapan motor internasional yaitu IATC, MotoGP, dan WSBK. “Melalui berbagai event olahraga yang akan berlangsung di The Mandalika, kami optimistis dapat membantu pemerintah mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia pasca pandemi,” kata Bram Subiandoro.

Diyakini bahwa berlangsungnya event-eventini akan memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian Indonesia khususnya Nusa Teggara Barat,” ujar Bram.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed