by

SPLU PLN Bantu Optimalkan Pelayanan di Pewe Camping Ground

SAMOTA -SUMBAWA BESAR – Tingginya tingkat hunian selama ajang MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022, camping ground menjadi pilihan bagi para penonton yang berdatangan dari luar kota. Pewe Camping, satu di antara beberapa pilihan yang bisa menjadi alternatif camping ground di Samota, Sumbawa.

Pemilik Pewe Camping, Hari, mengungkapkan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan listrik selama event MXGP ini, pihaknya mengajukan permohonan penambahan daya secara temporer ke PLN. Satu unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) daya 5.500 VA terpasang untuk memenuhi kebutuhan listrik di Pewe Camping.

“Di hari kedua event MXGP Samota, jumlah pengguna camping mencapai belasan unit. Belum lagi para pengunjung yang membawa tenda sendiri. Untuk fasilitas makan, listrik dan beberapa fasilitas lain, kami yang sediakan. Jadi kami perlu tambahan daya listrik pastinya,” kata Hari.

Pria yang memulai usaha Pewe Camping sejak tahun 2019 ini  menjelaskan SPLU ini penggunaannya sangat fleksibel karena dapat dimanfaatkan secara mobile. Selain itu, SPLU juga aman apabila  dibandingkan jika pihaknya harus menarik kabel dari instalasi yang telah terpasang, yang terkadang bahaya untuk konsumen.

“Keberadaan SPLU ini sangat membantu kami untuk mengoptimalkan pelayanan kepada konsumen, terutama pada saat MXGP sekarang ini”, kata Hari.

Hari juga berharap, ke depan PLN  dapat terus memberikan dukungannya terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya UMKM lokal di Sumbawa.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa Wiedhyarno Arief, menjelaskan pemasangan SPLU ini menjadi satu alternatif untuk mencukupi kebutuhan daya di camping ground secara temporer. “SPLU memang didesain untuk memenuhi kebutuhan listrik jangka pendek. Pilihan dayanya tersedia dari daya 5.500 VA, dan bisa diupgrade hingga 41.500 VA apabila dibutuhkan”, ujar Wiedhy.

Selain Pewe Camping, terdapat pula dua lokasi camping ground yang lain, yaitu  Ai Lemak danTom’s Samota. Suplai listrik untuk Ai Lemak sebesar 41.500 VA yang merupakan pelanggan PLN, sedangkan untuk Tom’s Samota, disuplai dari satu unit SPLU daya 5.500 VA dan instalasi listrik terpasang daya 5.500 VA.

Satu unit SPLU kapasitas 5.500 VA telah terpasang di kawasan UMKM MXGP dan juga di Taman Mangga untuk memenuhi kebutuhan listrik para pedagang kaki lima. ‘’PLN siap memenuhi kebutuhan listrik, baik event MXGP ataupun fasilias pendukungnya. Listrik terpenuhi, perekonomian meningkat. Dan hal ini sejalan dengan misi PLN agar listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi”, ucap Wiedhy.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed