by

Sirkuit Samota, Lokasi Moto Cross Grand Prix (MXGP) 24 – 26 Juni 2022

MATARAM – Jika pulau Lombok memiliki salah satu Sirkuit terindah di dunia yakni Sirkuit Mandalika, Pulau Sumbawa pun memiliki Sirkuit Samota yang tak kalah indahnya. Layaknya latar film Interstellar yang dikelilingi ladang jagung, Sirkuit Samota dibuat di area seluas 50 hektare dari sekitar 100 hektare lahan jagung di Labuhan Badas, Sumbawa Besar.

Seri MXGP Indonesia 2022 yang digelar di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada tanggal 24-26 Juni 2022. Seminggu kemudian, ada MXGP Jakarta 2022 yang rencananya berlangsung pada tanggal 1-3 Juli 2022.

Melalui keterangan pers, Jum’at 29 April 2022 malam Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Nusa Tenggara Barat (Kominfotik NTB) Najamuddin Amy mengatakan pengerjaan sirkuit terus dilakukan sesuai draft siteplan track II MXGP Samota.

Sebelumnya, Samota adalah cagar biosfer dunia. Di sana ada Teluk Saleh, pulau Moyo dan Gunung Tambora, MXGP Samota kini didepan mata, Ayo gembira sambut suka cita. Untuk bangun ekonomi rakyat sejahtera,” kata Najamuddin Aamy.

Konstruksi Sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) Samota, Sumbawa NTB sendiri ditargetkan rampung awal Juni mendatang. Panjang sirkuit 1.800 meter. Sebelumnya, lokasi tersebut adalah lahan jagung, namun sudah selesai dibersihkan.

Najamuddin Amy juga memaparkan draft siteplan track II MXGP Samota. Dikarenakan kondisi kontur di area awal paddock, maka big tent paddock di sarankan untuk di pindahkan ke sisi samping MXGP Office posisi bike wash juga dipindahkan ke area belakang big tent yang baru.

Sedangkan untuk portable toilet , shower, tenda refreshment 10x10m dan vip tent serta storage tetap berada di area paddock namun posisinya menyesuaikan layout.

Najamuddin juga mengatakan tenda press/media di jadikan satu dengan area MXGP Office. Begitu juga dengan buffet tent untuk Infront selaku penyelenggara MXGP dan panitia dipindahkan ke situ juga. Jadi item yang berada di area MXGP Office adalah : Office (existing building), tenda organizer 3 unit, tenda medic 5unit, tenda buffet 4 unit, tenda press 10x20m berikut tenda office pres 5×5, dan parkir ambulance.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed