by

Sirkuit Mandalika Dibuka Kembali Untuk Track Walk

MANDALIKA – Setelah sukses menggelar World Superbike (WSBK) Indonesian Round 11-13 November lalu di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, bersama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA) dan PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) sebagai bagian dari ITDC Group, kembali membuka kegiatan Mandalika Track Walk (MTW) mulai 1 Desember 2022.

MTW merupakan salah satu produk dari umbrella brand Mandalika Xperiences yang dikembangkan oleh MGPA dan Xplorin, yang memberikan layanan bagi masyarakat luas untuk berkunjung dan melakukan berbagai aktivitas olah raga seperti berjalan kaki/joging, berlari dan bersepeda di Pertamina Mandalika International Circuit.

General Manager The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, “Setelah Mandalika Track Walk kami tutup sementara dalam rangka persiapan dan gelaran WSBK Indonesian Round 2022, mulai 1 Desember 2022 kegiatan ini kami buka kembali.  Kami mengundang seluruh masyarakat, baik warga lokal maupun masyarakat dari luar NTB, untuk memiliki experience mengunjungi dan berkegiatan serta menikmati atmosfir Pertamina Mandalika Circuit melalui Mandalika Track Walk.”

MTW dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul. 06-30-09.00 WITA, dengan penambahan waktu sore hari pukul 16.30-18.00 WITA pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk dapat mengikuti aktivitas ini, pengunjung dapat mendaftar dan melakukan pembayaran tiket secara online melalui aplikasi Xplorin yang dapat diunduh melalui Playstore maupun Apple Store.

Untuk harga tiket pada hari Senin-Jumat sebesar Rp. 150.000/orang untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Rp. 250.000/orang untuk Warga Negara Asing (WNA). Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu, harga tiket sebesar Rp. 200.000/orang untuk WNI dan Rp. 300.000/orang untuk WNA.

Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama mengungkapkan, “ITDC Group membuka kembali program MTW karena minat masyarakat yang cukup besar untuk melihat lebih dekat Pertamina Mandalika International Circuit sambil melalukan berbagai aktivitas olahraga yang seru bersama seperti keluarga, teman, maupun komunitas.”

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Xplorin kepada 250 pengunjung MTW sampai bulan Agustus lalu, diperoleh data bahwa sebanyak 38% pengunjung berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), 25 persen dari DKI Jakarta, 15 persen dari Jawa Barat dan 22 persen pengunjung berasal dari daerah lainnya di Indonesia dan luar negeri seperti Uni Eropa dan Inggris.

88 persen alasan pengunjung untuk melakukan kegiatan MTW dengan aktivitas berolahraga, 8 persen untuk membuat konten social media dan 4% kegiatan studi banding atau keperluan akademisi.  Dari survey tersebut, 100% pengunjung menyatakan kemungkinan akan datang kembali.

“Hasil survei tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat untuk memiliki pengalaman menjajal Pertamina Mandalika Circuit dan kami optimis kegiatan ini dapat menarik banyak pengunjung ke Kawasan The Mandalika” ujar Gema.

“Dengan tingginya minat pengunjung ke Pertamina Mandalika Circuit, kami berharap semakin tinggi pula minat penyelenggara event memilih Kawasan The Mandalika dan khususnya Pertamina Mandalika Circuit sebagai venue kegiatan, baik kegiatan terkait sport tourism maupun kegiatan kepariwisataan lainnya.  Dengan demikian kunjungan wisatawan ke kawasan The Mandalika dapat meningkat, dan tercipta multiplier effect bagi masyarakat di sekitar kawasan,” ucap Bram.(*)