by

Shell Puji Sirkuit Mandalika Memiliki Standar Keselamatan dan Keamanan

MANDALIKA – Head of Shell Scheme Division Paul Johnson mengatakan Sirkuit Internasional Mandalika adalah sebuah sirkuit balap terkenal dengan standar keamanan yang tinggi di dunia. Fasilitas ini memiliki kualitas yang sangat baik sehingga para peserta Shell Eco marathon 2023 dapat melaju di lintasan dengan aman.

Fasilitas sirkuit bertaraf internasional ini telah mendapatkan pengakuan global dan memberikan kemudahan bagi Shell menggelar acara SEM 2023 yang berlangsung 5 -9 Juli 2023ini. ‘’Karena kualitasnya yang sangat baik,’’ kata Paul Johnson melalui keterangan pers yang dirilis Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Menurutnya, sebagai tempat penyelenggaraan event kelas internasional, Sirkuit Mandalika memiliki standar keselamatan dan fasilitas untuk penyelenggaraan event internasional. Sirkuit Mandalika memiliki sistem keamanan yang baik untuk melindungi peserta, pekerja, dan fasilitas dari ancaman potensial. ‘’Ini meliputi sistem pengawasan, personel keamanan yang terlatih, dan tindakan keamanan yang tepat,’’ ujarnya.

Di sana, adanya sistem keamanan yang baik, termasuk pengawasan CCTV, personel keamanan, dan tindakan keamanan yang diperlukan untuk melindungi peserta dan pekerja.

Chairman Shell Eco-marathon 2023 M Wahab S dikutip mengatakan, standard safety SHELL merupakan salah satu yang terbaik di dunia, prioritas utama mereka adalah safety. Dalam pelaksanaan event Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 ini banyak vendor lokal Lombok yang sanggup mengikuti aturan safety mulai dari alat perlindungan diri sampai prosedur kerja. ‘’Satu step lagi mereka naik kelas untuk penyelenggaraan event internasional di pulau Lombok,’’ ujarnya.

Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya Priandhi Satria, mengatakan, berupaya untuk memberikan kesempatan kepada SDM lokal untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai aspek persiapan dan pelaksanaan event Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023. Melibatkan SDM lokal dalam event internasional bukan hanya sekadar memberikan kesempatan kerja. ‘’Tetapi juga memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan keterampilan,”. ucapnya

Selama persiapan event Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 standar keselamatan kerja sangat penting dalam lingkungan kerja untuk mengurangi resiko cedera atau kecelakaan. Menerapkan langkah-langkah keselamatan yang tepat, seperti penggunaan peralatan pelindung diri (APD) dengan prosedur yang benar, membantu mengurangi risiko cedera dan memastikan pekerja dapat bekerja dengan aman.

Priandhi Satria menyebutkan standar keselamatan yang konsisten dan diterapkan dengan baik membantu membangun budaya keselamatan yang kuat di tempat kerja. Ketika keselamatan dianggap sebagai prioritas utama, karyawan menjadi lebih sadar akan resiko, berbagi pengetahuan tentang praktik keselamatan terbaik, dan saling mengawasi untuk memastikan kepatuhan terhadap standar.

Dalam penyelenggaraan event di Sirkuit Mandalika, MGPA berkomitmen dalam mendorong penyerapan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dalam pelaksanaan event Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 ini. Melibatkan SDM lokal dalam event-event internasional adalah langkah penting untuk memajukan potensi dan ekonomi lokal serta menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

Penyerapan SDM lokal dalam Shell Eco-marathon Asia 2023 sebanyak  284 orang tenaga kerja. Bidang kerja yang menggunakan SDM lokal diantaranya, Traffic Marshal, Security & Steward;  Cleaning Service & Waste Management; Hospitality; Transportation; Marshal; CCTV Operator; Race Secretary; Logistic Race.

Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 kedua kalinya diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. Program kompetisi SEM, hadir untuk mendorong generasi muda berbakat di seluruh dunia sebagai pemimpin masa depan di bidang Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM), dengan merancang, membuat dan mengendarai kendaraan paling hemat energi yang diharapkan dapat melahirkan solusi transportasi yang inovatif.

Sebanyak 77 tim peserta yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Singapore, Thailand, Vietnam, Philippines, Malaysia, Brunei Darussalam, China, Korea, India, Kazakhstan, Qatar, dan Saudi Arabia telah mendaftar untuk berpartisipasi tahun ini.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia Erick Thohir, menyampaikan, “Shell Eco-marathon menjadi platform bagi generasi muda untuk terlibat dalam inovasi yang mendorong percepatan transisi energi, sesuai dengan agenda Pemerintah untuk mencapai target net-zero emission pada tahun 2060. Lebih lagi, para pelajar memiliki konektivitas berskala internasional dengan industri, pembuat kebijakan, pakar di bidang energi dan keberlanjutan untuk bersama-sama menciptakan solusi dengan pendekatan baru dalam mencapai efisiensi energi untuk masa depan.(*)