by

Sewaktu Berenang di Gili Trawangan Turis Perancis Hilang

PEMENANG LOMBOK UTARA –  Seorang wisatawan perempuan warga Perancis Lidye Annie Mauricette, 50 tahun, dalam pencarian setelah tidak diketahui keberadaannya setelah berenang dari Gili Trawangan ke Gili Meno di seberangnya, sejak Ahad 18 Desember 2022 sore.

Gili Meno adalah satu dari tiga pulau wisata yang berdampingan di Kabupaten Lombok Utara. Gili Meno berada di tengah dari Gili Trawangan di sebelah barat dan Gili Air di sebelah timurmya. Ketiga gili atau pulau kecil ini jaraknya relatif dekat.

Dalam keterangan pers yang diberikan Kepala Kepolisian Sektor Pemenang Iptu Lalu Eka Arya M mengatakan sekitar pukul 13.00 Wita korban menyampaikan kepada kedua  anak perempuannya yang saat itu tidur di pantai sebelah utara Hotel Wah Resor,  bahwa korban ingin berenang menuju Gili Meno. Saat itu korban tidak menggunakan alat untuk berenang.

Sekitar satu jam kemudian, ke dua anak korban tidak melihat lagi keberadaan ibunya, dan keduanya melanjutkan berenang di pantai depan Wah Resor sampai Pukul 16.20 Wita dan sekitar  pukul 17.00 Wita  mengingat korban belum di ketahui keberadaannya  oleh kedua putrinya, menanyakan pada guide yang ada di depan Wah Resort bahwa ibunya berenang menuju Gili Meno.

Adapun warga lokal Gili Trawangan menyampaikan kepada kedua anak tersebut tidak mungkin bisa berhasil sampai ke Gili Meno dengan cuaca akhir-akhir ini hingga ke 2 anaknya korban panik.

Sekitar pukul 19.00 wita ke 2 anak korban melaporkan kejadian tersebut  ke piket Pos  Dit Pam Obvit Polda NTB , setelah mendapat laporan anggota yang bertugas  di Pos tersebut langsung melaporkan ke Piket Polsek Pemenang dan menanggapi kejadian tersebut Kapolsek Pemenang berkoordinasi dengan Syahbandar Pemenang, TNI AL, Basarnas dan Sat Pol Air KLU untuk melakukan pencarian  terhadap korban, dan personel Polsubsektor mendatangi anak korban di Villa Jati Trawangan. Kapolsek juga melaksanakan koordinasi dengan Kadus Gili Meno dan nelayan sekitar.

Hingga  saat ini Senin 19 Desember 2022, upaya pencarian korban masih berjalan , Polsek Pemenang bersinergi  dengan Pos TNI AL yang ada di Bangsal, Sat Pol Air , Basarnas dan warga  masyarakat  guna menemukan keadaan korban, dengan menggunakan 2 unit perahu karet dari Direktorat  Polair Polda NTB, dengan menyusui pantai Gili Matra di perkirakan tempat korban tenggelam atau hilang dan akan di lanjutkan  melakukan pencarian pada pukul siang ini dengan menyusui pantai dari Wilayah Pemenang hingga Bayan.(*)