by

Setiap Keberangkatan Calon Jemaah Haji NTB Disiarkan Melalui Youtube

PRAYA – Masyarakat umum dapat menyaksikan proses keberangkatan haji embarkasi Lombok melalui saluran YouTube @LombokAirport. Sejak keberangkatan calon jemaah haji Nusa Tenggara Barat (CJH NTB) 2022 lalu, PT Angkasa Pura I – Bandara Lombok menyiarkan secara langsung melalui kanal Youtube proses keberangkatannya di bandara. Tadi pagi streamaing dimulai dua jam sebelum jadwal keberangkatananya pukul 7.00 Waktu Indonesia Tengah (Wita).

Sebanyak tujuh bus pengangkut Kelompokj Terbang (kloter) 1 CJH asal Kabupaten Lombok Timur dari Asrama Haji NTB di Mataram langsung menuju ke apron dekat pesawat parkir di parking stand 23 Bandara Lombok.

Live streaming ini agar publik bisa menyaksikan dari rumah melalui ponselnya dan tidak perlu jauh-jauh ke bandara. ‘’Apalagi jika di bandara malah tidak bisa menyaksikan proses yang ada di area parkir pesawat dimana para Jemaah turun dari bis dan berjalan menuju ke dalam pesawat,’’ kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan.

Direncanakan pengambilan gambarnya hingga pesawat tinggal landas. Tadi pagi karena kendala teknis, live streamingnya terputus. Untuk Kamis 8 Juni 2023 besok, live streaming kloter 2 asal Kabupaten Lombok Tengah mulai disiarkan pukul 09.00 Wita.

Kloter 1 CJH NTB mulai diberangkatkan langsung dari embarkasi Lombok, Rabu 7 Juni 2023 pagi tadi. Sebanyak 393 orang CJH asal Lombok Timur diterbangkan menggunakan pesawat Boing 777-300 ER Garuda PK-GIK nomor penerbangan GA 5101 dari Lombok langsung ke Madinah. ‘’Alhamdulillah penerbangan haji kloter pertama embarkasi Lombok pada hari ini berjalan dengan lancar, ‘’ ujar Rahmat Adil Indrawan.

CJH embarkasi Lombok tahun ini berjumlah 4.910 orang dan terbagi dalam 13 kloter. Penerbangan haji dari NTB ini berlangsung mulai 7 Juni hingga 22 Juni 2023 mendatang. Sedangkan untuk kepulangan dijadwalkan pada 19 Juli hingga 2 Agustus 2023.

Seluruh penerbangan haji embarkasi Lombok dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat jenis Boeing 777-300ER.

PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Lombok bersama seluruh stakeholder terkait telah menyiapkan semua hal yang diperlukan untuk mendukung kelancaran operasional angkutan ibadah haji tahun 2023. AP I – BIL. memastikan kesiapan personel dan fasilitas serta peralatan pendukung operasional penerbangan haji tahun ini bersama Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Perum LPPNPI Cabang Lombok, Kementerian Agama NTB, Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Perum Damri, TNI/Polri, dan pihak terkait lainnya. ‘’Untuk memastikan penerbangan haji dari Bandara Lombok berjalan lancar dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan,” ucap Rahmat Adil Indrawan.

Selain itu, manajemen Bandara Lombok juga menempatkan personel Airport Security (Avsec) beserta peralatan pendukungnya untuk memeriksa keamanan penumpang beserta barang bawaannya di Asrama Haji Lombok, Kota Mataram. Dengan dilakukannya proses screening di Asrama Haji Mataram, maka saat tiba di bandara calon jemaah haji dapat langsung boarding ke dalam pesawat.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed