by

Seri MotoGP di Sirkuit Mandalika Maret 2022

MANDALIKA – Perwakilan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports melakukan inspeksi pra-homologasi di Mandalika International Street Circuit pada Rabu, 7 April 2021.

Kunjungan ke Mandalika International Street Circuit dilakukan oleh FIM Grand Prix Safety Officer Franco Uncini, Dorna Race Direction Representative Loris Capirossi dan Dorna Sports Managing Director Carlos Ezpeleta untuk melihat progres pembangunan proyek sirkuit yang terus berlangsung di Pulau Lombok, Indonesia tersebut.

Selama proses inspeksi, perwakilan FIM dan Dorna Sports, yang disambut baik oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Chief Executive Officer (CEO) Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah, mengaku terkesan dengan perkembangan proyek Mandalika International Street Circuit serta standar keamanan yang telah diterapkan.

Adapun target Mandalika Intenational Street Circuit menjadi tuan rumah kejuaraan dunia World Superbike (WorldSBK), atau disebut secara resmi sebagai FIM MOTUL Superbike, pada 14 November 2021 akan tetap terlaksana. Namun, mengingat masih berlangsungnya pandemi COVID-19, semua pihak sepakat untuk menyelenggarakan ajang pertama FIM MotoGP™ World Championship Grand Prix atau MotoGP™ di sirkuit ini pada awal musim depan, yaitu pada bulan Maret 2022.

Meskipun demikian, apabila MotoGP™ masih bisa mengadakan seri di Asia Tenggara menjelang akhir tahun 2021, tim MotoGP™ akan mengupayakan untuk mengadakan tes pra-musim di Mandalika International Street Circuit pada periode tersebut, sebagai persiapan keikutsertaan track Mandalika pada kalender 2022.

Melalui keterangan pers yang dikeluarkan ITDC, Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir menyampaikan mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP di bulan Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional oleh pemerintah Indonesia. ”Kami ingin menjamin keselamatan seluruh pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri.”. katanya.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, sangat senang bahwa inspeksi teknis telah berjalan dengan baik sesuai dengan yang mereka harapkan. Dengan adanya kepastian waktu

penyelenggaraan, ITDC memastikan untuk tetap fokus dalam menyelesaikan pembangunan Mandalika International Street Circuit serta memaksimalkan potensi yang akan diperoleh dari event olahraga kelas dunia ini.”.

Kunjungan mereka ke Lombok sangat sukses dan dipastikan bahwa Mandalika International Street Circuit akan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan terpenting dalam kalender MotoGP™ mendatang. Ia juga meyakini bahwa fans olahraga ini di Indonesia akan datang berbondong-bondong dan balapan di The Mandalika akan menjadi salah satu balapan paling ikonik sepanjang musim depan. ”Indonesia adalah pasar penting bagi Dorna dan juga seluruh stakeholders kejuaraan MotoGP™,” ujar CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed