by

Seri ke-16 MotoGP di Mandalika Lombok, 11- 13 Oktober 2023

MANDALIKA – MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika dijadwalkan diselenggarakan 11 – 13 Oktober 2022. Jadwal tersebut diperoleh dari Provisional – 2023 MotoGP Calendar yang diberikan Moto Grand Prix Association (MGPA) kepada Tempo di Mataram, Selasa 25 Oktober 2022 siang.

Menurut VP Corporaste Secretary MGPA Joko Santosa, jadwal tersebut sesuai rilis yang diberitakan MotoGP. ‘’Dimulai seri pertama dari Potugal 24 – 26 Maret 2023 dan di Indonesia seri 16 dan akan berakhir seri ke 21 di Valencia 24 – 26 November 2023,’’ kata Joko Santosa.

Ia juga menyatakan bahwa pengaspalan ulang sirkuit Mandalika telah selesai hari ini. Joko Santosa mnegatakan cukup waktu untuk marking dan dipergunakan. Serta persiapan homologasi FIA juga. ‘’ Keseluruhan lintasan dan termasuk pelebaran run off dan peningkatan safety,’’ ujarnya.

Sebelumnya, MGPA mengabarkan bahwa menjelang penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) yang akan berlangsung 11 – 13 November 2022 mendatang, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai bagian ITDC Group fokus mematangkan persiapan event.

Salah satunya penyempurnaan sirkuit yang tengah dilaksanakan dalam rangka memenuhi permintaan Dorna dan FIM, meliputi penyempurnaan permukaan lintasan utama (dengan cara melakukan pengaspalan ulang pada track), penambahan run off pada beberapa tikungan, perubahan kerb pada beberapa tikungan dari kerb biasa menjadi Misano Kerb guna meningkatkan safety.

Permintaan penyempurnaan sirkuit ini disampaikan oleh Dorna dan FIM setelah melakukan evaluasi atas pelaksanaan balapan MotoGP pada bulan Maret 2022 lalu. Serta adanya beberapa perubahan regulasi dari FIM yang mengharuskan sirkuit dilakukan peningkatan atau upgrading.

Selain melakukan track improvement, ITDC-MGPA juga tengah berupaya untuk mendapatkan homologasi roda empat dari Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) agar dapat melakukan berbagai kejuaraan internasional roda empat.

Terkait persiapan logistik WSBK akan segera berdatangan ke Lombok pada awal November mendatang. Logistik WSBK tersebut dibawa secara bertahap baik melalui jalur udara maupun jalur laut. Logistik tersebut berupa motor balap, perlatan motor, sparepart, alat telekomunikasi, peralatan TV dan video, serta logistik dari Dorna Sport.

Mengenai penjualan ticket WSBK, saat ini tiket dapat dibeli secara online melalui aplikasi Xplorin dan ticketing partner diantaranya aplikasi Livin’ By Mandiri, Loket, Gotix, Tiket.com, Tokopedia, Shopee, Blibli, tiketapasaja.com, BRImo, BookMyShow.com, Bank NTB Syariah dan travel agent lokal. Khusus masyarakat KTP NTB, MGPA bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah memberikan program spesial berupa diskon hingga 50 persen.

ITDC MGPA telah menyediakan tempat parkir yang dekat dengan sirkuit, sehingga bagi yang membawa mobil pribadi dapat parkir kendaraannya di dekat sirkuit yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu, mengingat cuaca di Mandalika masuk musim hujan, disarankan penonton dapat membawa topi dan kacamata hitam, jas hujan, masker, obat-obatan & vitamin, tisu basah, hand sanitizer, serta powerbank.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed