by

Senggigi Electronic Dance Music Festival di Lombok Barat

MATARAM – Berlangsung selama delapan jam disela jeda waktu shalat, dari sore hingga malam hari, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menyelenggarakan Senggigi Electronic Dance Music Festival di Hotel Holiday Resort, Ahad 10 Oktober 2021.

Ini adalah bagian dari Road to Festival Pesona Senggigi 2021 yang sudah dimulai sepekan sebelumnya.  Sebanyak 10 disc jockey (DJ) dari lima sekolah DJ di Mataram menampilkan keterampilannya memainkan lagu-lagu berbagai genre mulai dari R & B, Hip Hop, Electronic Dance Music, House Music. ”Malah ada DJ anak-anak yang meramaikan atraksi kemarin,” kata organizer kegiatan I Made Gita dari Gito Organizer kepada Tempo, Senin 11 Oktober 2021 sore.

DJ cilik berusia 10 tahun tersebut adalah I Komang Bintang Yoga siswa kelas 5 SD dari DJ 831 DJ School yang memainkan genre R&B dan Hip Hop.  Yang menyaksikan kebolehan Bintang Yoga adalah sekitar 350 orang pengunjung.

Senggigi Electronic Dance Music (SEDM) sendiri merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian Festival Pesona Senggigi sepanjang bulan Oktober ini. ”Profesi DJ ini hendaknya tidak dikonotasikan negatif,” ujar  Made Gita.

Kehadiran DJ lokal ini diniatkan untuk mengangkat profesi DJ. Selain itu agar publik mengetahui bahwa di Lombok memiliki sejumlah DJ. Bahkan, ada beberapa sekolah DJ yang telah berdiri. SEDM juga dimeriahkan dengan penampilan atraksi fire dance dan firework.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam mengatakan selain tujuan awal event ini adalah untuk menyambut perhelatan World Super Bike (WSBK) 2021, tujuan lainnya adalah meningkatkan lama tinggal  atau staycation pengunjung hotel yang ada di Senggigi.

Hal itu katanya, tentu sangat dibutuhkan untuk pemulihan kepariwisataan di kawasan Senggigi yang sedang mulai menggeliat setelah status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level I mulai diterapkan beberapa waktu lalu.

Tujuan Festival Pesona Senggigi ini jangka pendeknya itu adalah staycation. Apapun jenis eventnya kalau tujuannya tercapai secara kualitatif ya kita dianggap berhasil. Pada saat kegiatan tersebut di Holiday Resort hampir memenuhi kamar hotel yang berjumlah 189.

Jika dalam gelaran pembuka ini, Festival Pesona Senggigi memberikan suguhan bernuansa modern dengan musik elektronik dan fire dance, di rangakaian event selanjutnya pada tanggal 22-24 Oktober mendatang akan dilanjutkan dengan gelaran yang bernuansa tradisional. Konsep ini sengaja dipilih untuk memberikan warna pada atraksi-atraksi wisata yang ada di Senggigi.

Dalam Festival Pesona Senggigi tahun ini, ada empat lokasi penyelenggaraan dengan kegiatan yang berbeda-beda. Sebagai opening kegiatan SEDM berlangsung di Holiday Resort Lombok pada 10 Oktober kemarin.

Menyusul kegiatan lainnya diselenggarakan di Aruna Hotel pada 22-24 Oktober. Di sini ada sejumlah kegiatan seperti festival tari dan lain sebagainya.

Lalu di Killa Senggigi Beach Hotel pada tanggal 29 Oktober , Dispar Lobar bakal membakar semangat pengunjung lewat fire dance dan mixology.

Sebagai lokasi terakhir yakni di Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa akan diselenggarakan lomba merias pengantin sekaligus pertunjukan fashion pada 30 Oktober 2021.

Festival Pesona Senggigi yang digelar Dinas Pariwisata Lombok Barat dinilai berhasil mendongkrak tingkat hunian di kawasan Senggigi. General Manager Holiday Resort Lombok, Ketut Jaya mengatakan konsep yang diusung Dispar Lobar dalam menyelenggarakan event dengan menggandeng pihak industri perhotelan di Senggigi merupakan pilihan yang tepat.

Ketut Jaya mengaku seluruh kegiatan yang digelar Dispar sejak Road To Festival Pesona Senggigi beberapa waktu lalu memiliki dampak yang luar biasa. Menurutnya, hal itu sangat membantu tingkat kunjungan khususnya di tempat pelaksanaan event.

Secara khusus, pihaknya menargetkan okupansi kembali mengalami lonjakan lewat staycation pengunjung. Ia berharap Dispar Lobar dapat terus berkolaborasi dan meningkatkan kerjasama dengan semua stakeholder pariwisata yang ada di Lombok.

“Jika biasanya hari Sabtu saja baru penuh, tapi dengan adanya kegiatan ini bahkan dari Road to Festival Pesona Senggigi yang kemarin saja itu penuh. Dan hari ini dari dua hari yang lalu, dari hari Jum’at – Sabtu itu full booked,” ucap Ketut Jaya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed