by

Selesai Seri II Balap MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika

MANDALIKA – Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022, balapan perdana MotoGP seri Indonesia setelah penantian selama 25 tahun, selesai digelar Ahad 20 Maret 2022 kemarin. Penyelenggaraan MotoGP 2022 selama 3 hari telah dijalani  dan sejarah besar telah terukir setelah penantian panjang selama 25 tahun. ‘’Kami mendapatkan banyak pengalaman berharga guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan event mendatang,’’ kata Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer.

Menurutnya ITDC komitmen untuk terus belajar dan akan mempersiapkan penyelenggaraan event-event balap lain yang akan digelar di Pertamina Mandalika Circuit dengan lebih baik lagi. “Sukses penyelenggaraan MotoGP 2022 adalah sukses bersama. Dengan rencana penyelenggaraan MotoGP-WSBK selama 10 tahun di Indonesia, kami berharap kolaborasi yang telah terjalin selama ini akan terus berlanjut ke depan,” ujar Abdulbar.

Selain MotoGP race sebagai agenda utama, event kemarin  juga memiliki keseruan lainnya yaitu adanya penampilan Aerobatic Show yang melibatkan 6 pesawat dari TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan penampi- lan Marching Band TNI Angkatan Darat (TNI AD). Penonton juga dihibur oleh penampilan Pamungkas, DJ Ninda Felinda, Band Samsons, dan Band Slank di panggung BNI Mandalika Music Vibes yang digelar di area inner circuit, setelah balapan selesai.

Seluruh kegiatan telah terlaksana dengan baik dan kondusif, ter- masuk sejumlah event lain yang digelar di dalam kawasan The Mandalika, seperti Mandalika Tropical Festival di Tanjung Aan, Festival Jajajan Bango di Kuta Beach Park, Konser Mandalika Weekender di Pantai Kuta, Food Truck Festival serta Pameran UMKM Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Tengah di Parkir Timur 1 Mandalika.

Perhelatan yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, menyelesaikan race day dengan lancar di tengah perubahan cuaca.

Setelah Moto 3 dan Moto 2 race berlangsung dalam cuaca panas, MotoGP race dilangsungkan dengan trek basah akibat hujan, yang tetap disaksikan dengan semangat oleh kurang lebih 60.000 penonton.

Agenda balapan meliputi race 2 Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), Warm Up Moto3, Moto2, dan MotoGP serta race Moto3 sebanyak 23 putaran (lap), Moto2 16 putaran, dan MotoGP 20 putaran.

Kegiatan race MotoGP turut ditonton langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di lokasi Sirkuit yang juga menyerahkan trophy penghargaan kepada para pemenang MotoGP. Hasil race MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit dimenangkan berturut-turut oleh Miguel Oliveira dari Red Bull KTM Factory Racing, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, dan Johann Zarco dari Pramac Racing.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah meluangkan waktu dan berkunjung menyaksikan event MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit. ‘’Perhelatan akbar MotoGP di The Mandalika yang kami rintis sejak kurang lebih lima tahun ini, akhirnya terwujud,’’ ujarnya.

Berkat dukungan besar seluruh stakeholders, mulai pemerintah pusat dan daerah, BUMN, pihak swasta, bahkan seluruh masyarakat. Kolaborasi ini menunjukkan bahwa event MotoGP bukan hanya milik ITDC dan MGPA saja, tapi milik seluruh Indonesia.”

Dalam mendukung penyelenggaraan balap ini, sejumlah dukungan pendanaan telah diterima oleh ITDC Group, mulai dari pembiayaan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI) dengan skema National Interest Account untuk melakukan pembangunan pekerjaan tanah/groundwork Sirkuit sampai penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan fasilitas kredit sindikasi HIMBARA untuk pendanaan pengaspalan main track dan sarana prasarana Sirkuit.

ITDC Group juga menerima dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk pengadaan 28 bidang tanah Penetapan Lokasi (Penlok) 2 untuk membangun fasilitas penunjang Sirkuit.

Disamping itu, juga melalui Kemenparekraf, ITDC Group mendapatkan dukungan hosting fee untuk penyelenggaraan event balap 2022-2023 di The Mandalika. Kementerian PUPR juga memiliki peran yang penting dalam mendukung penyelenggaraan event MotoGP yang telah membangun infrastruktur pendukung dan menata kawasan The Mandalika seperti bypass Bandara Lombok  ke Kawasan The Mandalika sepanjang 17,3 km, pelebaran jalan akses Kuta-Keruak sepanjang 5,5 km dengan penambahan lajur menjadi 4 lajur, pembuatan saluran drai- nase beton di tepi badan jalan, penataan kawasan dengan mengadopsi penghijauan, penataan koridor jalan, serta perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting.

Kementerian PUPR juga telah membangun sarana hunian pariwisata (sarhunta) yang menjadi dukungan alternatif penginapan bagi penonton yang menuju The Mandalika selama event MotoGP berlangsung.

Selain berkolaborasi dengan PT Wijaya Karya (Persero) dan PT PP (Persero) dalam pembangunan Sirkuit, ITDC Group juga berkolaborasi dengan sejumlah BUMN dan perusahaan di Indonesia untuk penyeleng- garaan MotoGP 2022 melalui sponsorship Mandalika GP Series. BUMN dan perusahaan tersebut adalah PT Pertamina (Persero) untuk track naming right serta PT Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT PGN Tbk. se- bagai venue partner, PT GoTo Gojek Tokopedia, dan PT PP (Persero) sebagai main sponsor, serta Aprillia Indonesia, Astra Honda Motor, J&T Express, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., TDR High Perfor- mance Technology, RCB (Racing Boy) dan KYT Helmet sebagai supporting sponsor.

Dukungan yang tak kalah penting adalah dari TNI dan Polri. TNI dan Polri telah all out mendukung mulai saat persiapan maupun saat penyelenggaraan. Ribuan personil TNI-Polri telah diterjunkan guna mem- bantu pengamanan event ini dan hasilnya adalah event MotoGP berlangsung aman dan kondusif.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed