by

Selera Nikmatnya Kopi Lombok Barat

MATARAM – Akhir-akhir ini menikmati kopi menjadi tren masyarakat. Aktivitas kerja maupun santai tidak lengkap tanpa menikmati aroma kopi. Salah satu yang mampu menggugah selera para penikmat perkopian adalah kopi Kumbi di Dusun Kumbi Desa Pakuan Kecamatan Narmada Lombok Barat.

Kopi khas Lombok dengan cita rasa kopi dipuji – puji oleh Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid sewaktu menemui petani kopi Kumbi Sabtu 9 Oktober 2021. Di Kabupaten Lombok Barat ada kopi asal Kumbi dan Desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar merupakan kopi Lombok yang aroma dan cita rasanya berkelas. ”Kopi – kopi ini mampu membangkitkan selera penikmat kopi,” katanya

Kedua lokasi ini berada di dataran tinggi dengan medan yang menanjak dan menantang. Hal ini tidak menghalangi niat Fauzan Khalid bersama rombongan untuk menemui para petani kopi di dua lokasi tersebut.

Cuaca yang gerimis bahkan diwarnai hujan tidak membuat Bupati mengurungkan niatnya bertemu petani kopi. “Ini Perjalanan yang luar biasa untuk menyapa petani kopi yang kopinya memiliki cita rasa,” ucap Fauzan Khalid.

Aroma kopi dari Lombok Barat ini membuat penikmat kopi ketagihan untuk menikmatinya. Dengan aroma dan cita rasa kopi berkelas dunia, membuat penikmat kopi tidak bisa melupakan kopi ini ingin terus menikmati kopi ini setiap saat.

Ketua Komunitas Kopi Lombok Dody A Wibowo menyebutkan kopi Kumbi dan kopi Batu Mekar merupakan kopi Lombok yang sangat spesial dan cocok untuk menemani waktu santai. Menurutnya menikmati waktu santai bersama kopi kumbi Lombok dan kopi Batu mekar membuat suasana santai semakin nyaman dan penuh cita rasa.

Ia juga mengatakan kopi ini dapat membuat lebih fresh dan segar sehingga sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan. Cita rasa kopi ini luar biasa membangkitkan selera penikmat kopi. ”Bahkan kopi kumbi dan kopi batu mekar menjadi komoditas ekspor yang diminati pasar internaaional, ” ujarnya.

Menurut Dody cita rasa yang menggugah selera penikmat kopi dunia ini menjadikan kopi Kumbi dan Kopi Batu Makar Lombok diminati oleh pasar internasional. Peluang ekspor kopi Lombok ini menjadi sangat tinggi sehingga memberikan berkah tersendiri bagi masyarakat petani kopi di Lombok Barat. “Kopi ini sangat diminati sehingga peluang ekspor menjadi sangat tinggi, “ucapnya.

Untuk memotivasi para petani kopi agar terus produktif di masa pandemi, Bupati Fauzan bersama para kepala dinas, Camat dan komunitas pencinta kopi Lombok Specialty Coffe Association (LSCA) melakukan perjalanan keliling mengendarai sepeda motor untuk menyapa petani kopi di Dusun Rumbuk Desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar dan Petani Kopi di Dusun Kumbi Desa Pakuan Kecamatan Narmada Lombok Barat.

Kalau sudah minum kopi Lombok ini, pasti tidak akan lupa dan ketagihan. Karenanya ia memotivasi mereka agar terus produktif di masa pandemi ini. ”Karena penikmat kopi menantikan dan menunggu kopi kita yang memiliki cita rasa khas, ” katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed