by

Scoot Tiger Singapura dan Air Asia Malaysia Siap Terbang ke Lombok

MATARAM – Dibukanya 10 bandara di Indonesia termasuk Bandara Internasional Lombok (BIL) untuk kedatangan maskapai penerbangan luar negeri  menjadi pembangkit gairah pelaku pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sudah dua maskapai penerbangan yang menyatakan akan membuka rute penerbangannya ke Lombok.

Scoot Tiger – Singapore Airline Group sudah melakukan penerbangan dari Singapura ke Lombok. Selain itu Air Asia juga mengisi kembali rute Kuala Lumpur dan Perth Australia Barat yang ditinggalakan sejak adanya pandemic Covid-19.

Adalah General Manager Sheraton Senggi Beach Resort Teezar Mirza menjelaskan prospek pengisian wisatawan sangat bagus sejak adanya kebijakan yang memudahkan penumpang pesawat udara calon penonton balap MotoGP. ‘’Sudah ada tanda-tanda peningkatan wisatawan ke sini. Mudah-mudahan akses penerbangan mendukung,’’ kata Teezar Mirza kepada Tempo di sela Iftar (buka puasa) di Bawang Putih Restaurant – Sheraton Senggigi, Kamis 7 April 2022 petang.

Ketua ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata) NTB Dewantoro Umbu Joka merasa lega dibukanya kembali pintu kedatangaan internasional di BIL. ‘’Bagus. Apa lagi sekarang dari luar sudah tidak perlu karantina,’’ ujarnya.

Relation Manager PT Persero Angkasa Pura I – Bandara Internasional Lombok (BIL) Arif Haryanto mengatakan, Jum’at 8 April 2022 pagi.  Untuk maskapai yang telah menginformasikan terkait penerbangan internasional sampai saat ini yaitu AirAsia rute Kuala Lumpur-Lombok-Kuala Lumpur dan Scoot Tigerair rute Singapura-Lombok-Singapura. ‘’Untuk tanggal operasionalnya masih menunggu kesiapan pihak maskapai,’’ ucapnya menjawab konfirmasi.

BIL sudah siaga melayani kedatangan kembali wisatawan mancanegara. Disiapkan 6 jalur pemeriksaan paspor oleh Imigrasi, 4 jalur pemeriksaan Bea Cukai daan 2 conveyor belt pengambilan bagasi.

Arif Haryanto mengemukakan bahwa sebelum pandemi rata-rata penumpang 8.000 per hari yang datang dan pergi. Sekitar 40 penerbangan yang datang dan 40 pergi. Total 80 pergerakan pesawat per hari di 2019. Sekarang ini sekitar 4.000 penumpang per hari.

Sebelumnya, maskapai rute internasional yang menerbangi rut eke Lombok adalah AirAsia (Kuala Lumpur), Air Asia (Perth), dan Silk Air (Singapura). Air Asia dulu 2 kali sehari,

Selama tahun 2019, jumah wisatawan mancanegara yang tiba di BIL mencapai 85.518 orang terbanyak dari Kuala lumpur 29.683, Australia 14.254, China 14.254, Inggris 7.370,  Jerman 6.602, Singapura 4.723, dan Korea 1.711.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed