by

Rute Lantas ke Sirkuit Mandalika Diatur Sesuai Ticket Penonton

MATARAM – Komandan Lapangan kejuaraan balap World Super Bike (WSBK) 2022 Jamaluddin Malady meminta masyarakat yang belum memiliki tiket diharapkan untuk tidak ke Mandalika selama kegiatan tersebut berlangsung, 11 – 13 Nopember 2022. “Untuk masyarakat NTB yang tidak menonton WSBK, silahkan berwisata dulu ke tempat lain supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di Mandalika,” katanya.

Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kemacet, Kepala Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Moh Faozal juga menyampaikan bahwa pihak Dinas Perhubungan sendiri akan menyiapkan 8 unit Hiace di Bandara Internasional Lombok (BIL) untuk penonton yang melewati jalur udara. Lima unit melewati bypass dan tiga unit melewati Sengkol, nanti juga bagi penonton yang landing dan sudah punya tiket mau ke sirkuit bisa langsung diarahkan. Nanti ada sign board nya,” ujarnya.

Selasa 1 Nopember 2022 siang tadi, menjelang World Super Bike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan Survey Rute Kegiatan.

Pelaksanaan survey ini dilakukan untuk memastikan kembali daerah rute akses WSBK 2022 yang meliputi:tiket : A, B, C, D, H, GA, B360, VIP Premier, VIP Deluxe, Lombok Sumbawa Fair dan UMKM yaitu mulai dari Bundaran Bandara Internasional Lombok (BIL) – Bypass BIL – Bundaran Songgong – Sirkuit Mandalika.

Adapun tiket : I, J, K, dan UMKM mulai dari Bundaran BIL – Sengkol – Bundaran Mong – Sirkuit Mandalika.

Lalu Moh Faozal, menjelaskan terkait penukaran dapat dilakukan di ex. Bandara Selaparang, sedangkan pembelian sekaligus penukaran tiket dapat dilakukan di Pelabuhan Lembar dan Gili Mas. ‘’Standarnya untuk penonton, mereka harus pegang tiket, karena di ex. Bandara Selaparang, akan ada pembagian rute Gate Sengkol atau Bypass,’’ katanya. Nanti di Bundaran BIL akan dipisah rutenya.

Kepala Satlantas Polresta Mataram, Kompol Bowo Tri Handoko, menambahkan dimana ex. Bandara Selaparang ini akan menjadi sarana untuk masyarakat yang akan mengganti kendaraan pribadi menjadi kendaraan bus yang sudah disiapkan nantinya menuju ke Mandalika. “Kita akan mengatur hal tersebut dengan mengerahkan kurang lebih 54 personil supaya tidak terjadi antrian yang bisa membahayakan bagi penonton nantinya”, ujarnya.

Demi antisipasi kepadatan lalu lintas saat World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika, Ditlantas Polda NTB, Kombes Pol Djoni Widodo, mengharapkan masyarakat NTB yang akan menonton kegiatan tersebut untuk menggunakan roda dua (sepeda motor).

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan baik saat kedatangan maupun kepulangan, penguraiannya oleh pihak lalu lintas lebih mudah.

Untuk pintu masuk sudah disiapkan rekayasa lalu lintasnya, baik di samping shuttle maupun yang menggunakan ASK (Angkutan Sewa Khusus) dan ASU (Angkutan Sewa Umum).

Dijelaskan, nantinya menuju pintu masuk akan ada sign board sebagai petunjuk untuk penonton yang akan dibantu oleh petugas guna menyampaikan jalur mana yang harus dilewati.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed