by

Rizqy Motorsport Raih Podium Pertama Endurance Race

MANDALIKA – Ajang balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 sukses digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (10/12). Kesuksesan pelaksanaan Porsche Sprint Challenge Indonesia tersebut semakin memperkuat citra pariwisata NTB sebagai destinasi pariwisata sport and entertainment andalan Indonesia.

“Kesuksesan Porsche Sprint Challenge Indonesia ini menjadi salah satu bukti bahwa InJourney sebagai Holding BUMN pariwisata dan pendukungnya, senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan berbagai gelaran event balap yang bervariasi untuk memperkuat citra NTB sebagai destinasi sports and entertainment di Indonesia,” kata Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney.

Porsche Sprint Challenge Indonesia yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit berhasil menarik minat para pecinta motorsports, khususnya supercars.

Berbagai kejutan muncul dalam event ini, antara lain kehadiran mobil TCR (Touring Car Race) Indonesia Race 2 dan Porsche Sprint Challenge Endurance Race, balap mobil berkelas internasional ini adalah kerjasama antara PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) dengan Superstars Motor Sport (Superstars) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Direktur Operasi ITDC Troy Warokka menyatakan, “Kesuksesan luar biasa Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, tidak hanya menjadi ajang pesta balap spektakuler, akan tetapi juga mencatat prestasi yang membanggakan. Kolaborasi membanggakan oleh cucu usaha ITDC yakni MGPA, bersama Superstars, dan IMI menciptakan momen bersejarah di lintasan Pertamina Mandalika International Circuit.”.

Driver Endurance Race dari tim Rizqy Motorsport, Daffa AB dan Dicko Prasetyo, berhasil mendapatkan podium pertama dengan catatan waktu 46 menit 45 detik. Memulai start di pole position tampil sangat percaya diri dan konsisten di lintasan. Berada di podium kedua, driver dari Citadel Racing Team, Aldio Oekon, dengan catatan waktu 47 menit 07 detik. Pembalap tunggal itu mengawali race dari posisi ke-sepuluh tampil impresif dan berhasil menyalip pembalap dari tim lainnya merebut posisi kedua. Driver dari tim Semen Merah Putih, Hendrik Jaya Soewatdy dan John Kwon, meraih podium ketiga dengan catatan waktu yang berbeda tipis dengan Aldio Oekon, yaitu 47 menit 13 detik. Mengawali endurance race dari posisi ketiga berhasil mengamankan posisinya hingga akhir race di hari terakhir.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyatakan kepuasannya, “Penampilan yang luar biasa tim Rizqy Motor Sport yang berhasil meraih podium pertama dalam Endurance Race. Kami juga mengapresiasi semua pembalap yang berpartisipasi, termasuk Aldio Oekon dari Citadel Racing Team dan Hendrik Jaya Soewatdy beserta John Kwon dari tim Semen Merah Putih, atas dedikasi dan semangat persaingan yang tinggi. Kami berharap agar keberhasilan ini dapat menjadi motivasi bagi pengembangan dunia balap otomotif di Indonesia dan semakin mengukuhkan posisi negara Indonesia dalam kancah motorsport internasional.”

Selain menampilkan aksi dari para drivers pada kelas Endurance Race, Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 juga menghadirkan TCR Indonesia Race yang berlangsung selama 2 hari terakhir (Sabtu & Minggu). Driver dari tim LFN Sederhana Motorsport, M. Ferrel Fadhil Pratama berhasil mempertahankan podium pertama dengan catatan waktu 29 menit 29 detik. Podium kedua berhasil diraih oleh Dypo Fitramadhan dari tim Bank BJB Delta Garage Racing Team yang pada race sebelumnya berada di posisi keempat dengan selisih waktu 30 detik. Podium ketiga diraih oleh driver dari tim BRM Motorsport, Glenn Aringga Nirwan dengan selisih waktu 29 detik.

“Kami juga menyampaikan apresiasi mendalam untuk para drivers Supporting Race, TCR Indonesia Race yang telah memberikan penampilan luar biasa selama balap. Kejuaraan ini akan selalu menjadi wadah untuk mendorong potensi para drivers Indonesia dan memajukan olahraga balap mobil di Tanah Air,” kata Priandhi.

InJourney menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan acara dan juga keberhasilan para pebalap Indonesia. Selanjutnya, InJourney berharap kesuksesan Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 bisa memberikan dampak yang luas, baik pada perekonomian di kawasan Mandalika dan juga prestasi olahraga Indonesia.

“Kehadiran berbagai event olahraga yang menarik di Mandalika diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk datang, sehingga pada akhirnya akan memberikan multiplier effect yang luas khususnya bagi masyarakat di sekitar Mandalika. Ini merupakan bagian dari komitmen InJourney Group untuk mendorong pariwisata Indonesia melalui berbagai event, salah satunya olahraga seperti yang dihadirkan di kawasan KEK Mandalika.”. kata Maya Watono.(*)