by

Rekor Arus Penumpang di Bandara Lombok Sewaktu MotoGP

PRAYA – Selama periode MotoGP, layanan penerbangan di Bandara Internasional Lombok (BIL) mengalami rekor. Jika sewaktu musibah gempa arus penerbangan dan penumpang mencapai 80 fliht mengangkut 12 ribu orang setiap harinya, selama periode MotoGP ini menjadi 100 flight dan mengangkut 18.500 orang sehari.

Rekor layanan penerbangan ini disampaikan oleh General Manager Angkasaa Pura I – BIL   Nugroho Jati di halaman Ikon Lombok pada jalur kedatangan penumpang, Selasa 15 Maret 2022 pagi. ‘’Ini rekor tertinggi,’’ katanya.

Ia menjelaskan bahwa peningkatan traffic selama periode MotoGP 17 – 22 Maret terjadi peningkatan flight. Selama MotoGP ini dicarat 600 flight atau rataa-rataa per hari rata-rata 100 flight dari angka sebelumnya 40 flight atau terjadi kenaikan lebih 120 persen. Untuk pengunjungnya 113 ribu penumpang dimana 56 ribu datang dan bernagkat 57 ribu. Perbandingan sebelumnya rata 3.500 orang per hari menjadi 8.000 orang atau meningkat 150 prsen. ‘’Rata-rata 18 ribu per hari datang dan pergi,’’ ujarnya.

Menurut Nugroho Jati, peniadaan kewajiban tes swab atau PCR mulai 11 Maret 2022  memicu peningkatan kunjungan dari semula 3.500 orang per hari menjadi 5.000 orang atau naik 70 persen. Yang terpadat adalah arus penumpang Jakarta – Lombok – Jakarta, kemudian Denpasar – Lombok – Denpasar dan yang ketiga Surabaya – Lombok – Surabaya.

Selanjutnya, mulai hari ini, BIL membuka layanan operasional penerbangan selama 24 jam menampung kebutuhan slot penerbangan. Misalnya dilkaukan oleh ekstra flight Garuda dan Air Asia. ‘’Namun belum ada jet pribadi. Tetapi sudah diantisipasi,’’ ucapnya.

Saat ini , BIL memiliki kapasitas parkir 16 pesawat secara bersamaan yaitu untuk 6 pesawat berbadan lebar dan 10 berbadan sedang. Guna melalayni ppenerbangan peswat berbadan besar tersebut seperti Boing 777 dan Boing 747, BIL mendapatkan bantuan 34 orang tenaga asal Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Ngurah Rai Bali. Selama tujuh hari ini, rata – rata setiap harinya ada 9 – 10 pesawat besar yang datang.

Diantaranya dimulai dengana lima penerbangan logistik MotoGP yang mengangkut 404 ton dari Doha Qatar. Sedangkan untuk penerbangan penumpang belum ada permintaan langsung dariluar negeri ke Lombok.

Mereka yang datang dari luar negeri melalui Jakarta dan Denpasar, dalama rangka MotoGP ini diterima infonya sebanyak 2.500 orang menggunakan lima pesawat carter dari Jakarta dan yang via Denpasar menumpang penerbangan reguler.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed