by

Race Director FIM MotoGP Bertemu Dirut MGPA

MANDALIKA – Mike Webb selaku Race Director dari FIM MotoGP World Championship pada ajang Mandalika MotoGP Official Test 2022 dan Pertamina GRAND PRIX OF INDONESIA 2022, Rabu 9 Pebruari 2022 siang tadi bertemu dan berdiskusi dengan Direktur Utama Mandalika GrqandPrix Association (MGPA) Priandhi Satria selaku Ketua Penyelenggara.

Priandhi Satria ditemani oleh Eddy Saputra (IMI), Djembar Kartasasmita (Steward) dan Donny Mahardjono (Deputy COC) yang akan bertugas bersama Fazli (COC). ‘

Menurutnya, Mike Webb menanyakan kesiapan marshal dari sisi tenaga dan peralatan. ‘’Sekaligus memberikan arahan untuk persiapan teknis pelaksanaan kedua event di sirkuit Mandalika Lombok,’’ katanya kepada Tempo, Rabu 9 Pebrruari 2022 sore.

Priandhi Satria mengatakan sejauh ini, Mike Webb menyatakan puas dengan koordinasi marshal di lapangan yang menggabungkan marshal ex WSBK dan marshall baru. ‘’Dimana keduanya juga telah mendapatkan pelatihan dari IMI (Ikatan Motor Indonesia),’’ ujarnya.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, sebanyak 338 marshal lokal akan bertugas pada event  Mandalika MotoGP Official Test di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok Nusa Tenggara Barat ( NTB), 11-13 Februari 2022 mendatang.

Marshal untuk official test telah mengikuti pelatihan intensif yang disiapkan oleh PT

Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku bagian dari ITDC Group, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat maupun NTB.

Dalam kegiatan ini, IMI bertugas sebagai instruktur pelatihan.338 marshal ini terdiri dari 198 orang marshal WSBK 2021 yang telah melakukan pendaftaran ulang pada 28-30 Januari 2022 lalu, 69 orang merupakan rekrutan marshal baru, 51 orang anggota Brimob, dan 20 orang dari Badan SAR Nasional (Basarnas).

Marshal yang direkrut berasal dari masyarakat Lombok khususnya warga sekitar sirkuit. Proses perekrutan warga lokal ini melibatkan komunitas otomotif NTB dan karang taruna Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Sedangkan anggota Brimob dan  Basarnas direkrut untuk bertugas sebagai radioman.

Terkait pelatihan untuk marshal, pada 5 Februari 2022 telah dilakukan pelatihan dalam kelas, lalu dilanjutkan praktik di lapangan dan pembagian pos pada 6 Pebruari 2022. Kemudian pada 10 Februari 2022, akan dilakukan simulasi balap MotoGP. Khusus untuk marshal baru dari Brimob dan karang taruna akan mendapat porsi pelatihan tambahan pada 7 Februari 2022.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed