by

Poltekpar Lombok Menyambut MotoGP di Sirkuit Mandalika

KUTA MANDALIKA – Untuk kesiapan event MotoGP yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, tidak hanya Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang sibuk.

Saling mendukung, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan semua kalangan pariwisata menyiapkan diri. Dinas Pariwisata NTB menyusun paket wisata yang digandeng dengan menonton MotoGP. ”Kami juga meningkatkan branding ekonomi kreatif, penguatan promosi melalu medsos dan kesiapan akomodasi,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata NTB Lalu Hasbul Wadi sewaktu berbicara di depan 49 orang wartawan peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepariwisataan yang diselenggarakan Politeknik Pariwisata Lombok di Hotel Sima Kuta Mandalika, Jum’at-Sabtu, 3 – 4 Desember 2021.

Bimtek Kepariwisataan yang bertema Peran Media Dalam Menyukseskan Promosi Pariwisata Road to MotoGP Mandalika 2022 ini, mengajak  media mendukung kesiapan masyarakat menyambut MotoGP. ”Dampak MotoGP ini tidak hanya ke pengelola Mandalika saja. Juga untuk masyarakat, ” ujar Pembantu Direktur I Poltekpar Lombok Anas Pataray.

Seorang akademisi Poltekpar Lombok Amirosa Ria Satiadji membekali masalah Pelayanan Hospitality Dalam Industri Pariwisata. ”WSBK bisa mendatangkan 25 ribu penonton, kondisi aman tidak ada peningkatan COVID-19, ” ucapnya.

Assistent Vice President Site Operation The Mandalika ITDC, I Made Pari Wijaya mengatakan, ITDC semula, 2012, menyusun masterplan KEK Mandalika yang gaungnya belum kuat, menjadikan Formula 1 sebagai target menarik pengunjung. ”2018, kami mengubah masterplan membuat sirkuit menjadikan MotoGP sebagai pilihan. Pasarnya luas,” kata Made Pari Wijaya.

Setelah berlangsungnya WSBK dan menjelang Tes Pra Musim Moto GP 2022 (Pebruari 2022) dan seri 2 MotoGP (Maret 2022), ITDC perbaiki semua fasilitas penunjang Sirkuit Petamina Mandalika seperti penataan paddock, penataan tempat parkir dan penataan tribune penonton, termasuk perbaikan cat pinggir lintasan track Sirkuit.

Ketua Indonesia Hotel General Manager Indonesia Association NTB Ernanda Dewobroto Agung mengatakan reservasi sudah mulai diterima hotel. ”WSBK lalu kamar penuh. Kami berusaha memberikan tambahan kamar,” ujarnya.

Tanawu Hotel yang dikelolanya dari semula 24 kamar bertambah menjadi 40 kamar baru. ”Mudah-mudahan tidak ada kendala,” ucapnya lagi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed