by

Politeknik Pariwisata Lombok Selenggarakan Wonder Preneur Fest

PRAYA – Selama tiga hari 10 – 12 Agustus 2023, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok menyelenggarakan Wonder Preneur Fest, di GOR Poltekpar Lombok.

Merupakan kegiatan yang ditujukan sebagai wadah untuk mempertemukan berbagai pelaku usaha yang berasal dari mahasiswa Pariwisata se-Indonesia yang dimana kegiatan ini mengangkat isu strategis yakni digitalisasi, budaya dan lingkungan berkelanjutan, produk halal serta SDM pada industri ekonomi kreatif. Dalam rangkaian acara Wonder Preneur Fest meliputi kompetisi, coaching, talkshow, temu investor, panggung kreasi dan hasil project based learning.

Selain berkompetisi kegiatan ini bertujuan menjalin relasi usahawan dengan investor untuk bekerjasama dalam mengembangkan serta membangun bisnis dimana peserta kompetisi juga dituntut mampu menciptakan produk dan jasa. Tercatat ada 25 perguruan tinggi serta SMA/K dengan 70 peserta yang berpartisipasi dalam event Wonder Preneur Fest 2023.

Kegiatan ini memiliki 2 sub bagian kegiatan utama yakni Wonder Competition dan Preneur Competition. Konsep Wonder Competition merangkul tema “Halal Tourism” yang ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada peserta Wonder Preneur Fest dalam menambah ilmu terkait berwirausaha sesuai kebutuhannya dengan menargetkan peserta umum. Dengan sub mata lomba meliputi Digitalization, Pesantren Preneur, Moslem Friendly sesuai dengan CoE Poltekpar Lombok.

Sedangkan  Preneur Competition menjadi kegiatan inti dalam Wonderful Fest yang menargetkan mahasiswa enam Poltekpar dibawah Kemenparekraf/Baparekraf dan seluruh kampus se Indonesia yang memiliki program studi pariwisata.

Kegiatan ini memiliki tiga kategori kompetisi yang akan dilombakan yakni Bussines Idea, Problem Solution Fit dan Pitching serta showcase tenant yang menjual produk barang/jasa mahasiswa Poltekpar maupun UMKM lokal Lombok.

Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Secara daring Sandiaga Uno menyampaikan “Kewirausahaan harus melibatkan inisiatif dalam mengindentifikasi perkembangan untuk menciptakan nilai kretifitas melalui inovasi kreatif”.

Kegiatan ini adalah momen istimewa dimana bersama-sama menyatukan visi misi untuk mendorong potensi kewirausahaan. Saat ini Kemenparekraf/Baparekraf menargetkan 4,4 juta lapangan kerja dan menargetkan 30 persen dari lulusan enam Poltekpar untuk mampu menjadi entrepreneur.

Direktur Politeknik Pariwisata Lombok Herry Rachmat Widjaja,  memberi sambutan kepada para peserta lomba, menyampaikan “Central of Excellent Poltekpar Lombok adalah Halal Tourism tidak terlepas dari yang di contohkan oleh nabi Muhammad SAW bahwa pentingnya berwirausaha”.

Turut hadir Sekertaris Menteri Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, secara daring. Serta turut hadir juga Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf  Faisal,  secara offline.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini memberikan semangat dalam berwirausaha bagi para mahasiswa untuk memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed