by

Polairud Polda NTB Pasang Merah Putih di Pulau Sophialousia   

LOMBOK BARAT – Sambut MotoGP Mandalika, Polisi Air dan Udara Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat atau Polairud Polda NTB memasang bendera merah putih di pulau Sophialouisa.yang terletak di selatan Lombok Barat.

Sophialouisa adalah salah satu pulau terluar Indoneaia yang merupakan perbatasan RI dengan Australia yang ada di wilayah perairan NTB. Pulau Sophialouisa ini berada di sebelah selatan Pulau Lombok pada posisi koordinat 8° 55′ 20″ lintang selatan – 116° 0′ 8″ BT.

Secara administratif, Pulau Sophialouisa masuk wilayah Dusun Teluk Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat atau Lobar NTB. Karena nama Sophialouisa identik dengan nama artis, pada tahun 2007 lalu, masyarakat lokal khususnya Sekotong Barat sepakat untuk mengganti namanya menjadi pulau Sepatang.

Seperti pulau tak berpenghuni lainnya, di Sophialouisa (Sepatang) terdapat mercusuar yang berfungsi sebagai navigasi kapal laut dan sumber cahaya mereka.

Eksotisme bawah laut di sekitar Pulau Sepatang atau Sophialouisa,  mampu menarik wisatawan yang hobi menyelam, apalagi saat gelombang Samudra Hindia sedang bersahabat, seringkali terlihat kapal cepat berlalu lalang membawa wisatawan di sekitar perairan Sepatang ini.

Jalan atau jalur menuju ke pulau Sophialouisa atau Sepatang ini, bisa ditempuh melalui Teluk Sepi atau dive zone di Bangko-Bangko.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Pol Artanto, Kamis 10 Maret 2022 lalu, kapal Baladewa 8002 melakukan patroli perbatasan RI dengan Australia dan sambang nusa ke pulau Sophialouisa.

Patroli itu sekaligus memberikan bantuan fasilitas untuk pelayaran, darri dari Rojianstra SSDM Mabes Polri, yang dipimpin oleh Brigjen Pol Sri Eko Pranggono.kepada tim pengumpulan data primer, penyusunan kajian kebijakan penyelenggaraan personel Polri. ‘’Bantuan untuk yang bertugas di wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar, ‘’ katanya.

Personel yang terlibat dalam patroli itu Brigjen Pol Sri Eko Pranggono beserta tim Rojianstra SSDM Mabes Polri. Komandan dan seluruh ABK Kapal Baladewa 8002 Korpolairud Baharkam Polri, KBO Ditpolairud Polda NTB, Wakapolres Lombok Barat, Kabagsumda Polres Lombok Barat dan Kapolsek Sekotong.

Kapten kapal Baladewa 8002 Komisaris Pol Carito mengatakan, inisiatif pemasangan bendera di pulau Sophialouisa (Sepatang) itu, berawal dari tidak adanya bendera merah putih sebagai tanda pulau masuk wilayah Indonesia.

Dasar itu, Kompol Carito dan semua yang terlibat, berinisiatif memasang bender di mercusuar yang ada di Sophialouisa (Sepatang) tersebut. “Sebelumnya tidak ada bendera di sana, itu sebabnya kami berinisiatif memasang bendera merah putih di atas mercusuar ” ujarnya.

Dengan segala upaya, meski diterjang ombak yang cukup besar pemasangan bendera di pulau terluar Indonesia Sophialouisa atau Sepatang itu berhasil dilakukan.

Sebenarnya, sebelumnya pernah beberapakali petugas Polairud Polda NTB hendak memasang bendera di tempat itu, namun gagal, karena kondisi ombak yang besar sehingga pulau susah dijangkau.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed