by

PLN UIP Nusa Tenggara Selesai Bangun Gardu Induk Switching Mataram

MATARAM – PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) telah  menyelesaikan pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kV Switching Mataram. Gardu Induk 150 kV Switching Mataram yang berlokasi di Desa Jatisela, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat direncanakan akan terhubung dengan Gardu Induk (GI) Mataram di Bertais melalui jalur transmisi  Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Mataram Incomer.

Kedua GI tersebut juga akan terhubung dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Lombok Peaker melalui jalur transmisi Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Ampenan – PLTGU Lombok Peaker SKTT 150 kV Ampenan – Switching Mataram.

Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara Gregorius Adi mengatakan saat ini jalur transmisi SKTT  Ampenan – Switching Mataram sudah rampung secara konstruksi. ”SUTT Mataram Incomer sedang dalam tahap konstruksi dan SKTT Ampenan – PLTGU Lombok Peaker sudah beroperasi, ” katanya dalam keterangan persnya, Jum’at 19 Februari 2021 siang.

Gregorius juga menambahkan bahwa jika ketiga jalur transmisi ini sudah masuk dalam sistem kelistrikan Lombok, maka sistem kelistrikan Lombok akan semakin andal. Dalam waktu dekat akan segera beroperasi adalah jalur transmisi SUTT 150 kV Mataram Incomer.

Untuk SUTT 150 kV Mataram Incomer sendiri memiliki total panjang saluran 25,92 kms dan 40 tapak tower. Saat ini, PLN tengah melakukan penarikan kabel konduktor (stringing) pada SUTT 150 kV Mataram Incomer.

Sejak 2014 sampai saat ini, PLN telah berhasil membangun total 8 gardu induk dan 17 extension trafo gardu induk di Pulau Lombok. Untuk saat ini sistem kelistrikan Lombok memiliki daya mampu mencapai 319 Megawatt (MW) dengan beban puncak mencapai 244 MW, sehingga terdapat cadangan sebesar 75 MW.

Selain GI 150 kV Switching Mataram, di tanggal yang sama pula, PLN UIP Nusa Tenggara juga telah berhasil mengoperasikan GI 150 kV Paokmotong Ext 2 (Trafo 3) di Paokmotong.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed