by

PLN Siap Fasilitasi Listrik MXGP

MATARAM – Setelah sukses menghadirkan listrik tanpa kedip pada perhelatan internasional MotoGP Mandalika, PLN kembali bersiap untuk melistriki event internasional Motocross Grand Prix (MX GP) yang rencananya akan segera digelar di kawasan Samota, Sumbawa Besar 24-26 Juni 2022.

Kesiapan ini  menjawab permohonan dukungan ketersediaan pasokan listrik untuk gelaran akbar tersebut oleh Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah.

General Manager PLN NTB, Sudjarwo menegaskan bahwa PLN siap mendukung semua event, baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat (NTB), baik yang digelar di pulau Lombok maupun di pulau Sumbawa. “Pada prinsipnya PLN siap mendukung MXGP.  Infrastruktur kelistrikan dan juga sumber daya manusia sudah kami siapkan untuk gelaran MXGP, ” kata Sudjarwo.

Ia menjelaskan bahwa PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa hingga saat ini terus melakukan koordinasi, baik dengan pelaksana event maupun stakeholder terkait untuk mempersiapkan insfrastruktur kelistrikan yang diperlukan selama MXGP berlangsung.

Tahapan yang akan dilewati untuk melistriki MXGP adalah sama dengan tahapan yang diterapkan untuk MotoGP. Survey awal dilakukan untuk menentukan besaran daya listrik yang diperlukan dan juga titik titik lokasi penting yang harus dilistriki.

Setelah mengetahui kebutuhan dan jumlah titiknya, PLN akan bergerak untuk membuat masterplan jaringan dan juga akan menentukan kebutuhan materialnya. Kemudian akan mulai membangun jaringan dan insfrastruktur kelistrikan di lokasi.

Untuk kondisi Sistem Kelistrikan Sumbawa sendiri saat ini masih dalam posisi normal. Total daya mampu sebesar 128,85 MW dengan beban puncak 113,32 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 15,53 MW yang dapat dioptimalkan, baik untuk gelaran MXGP ataupun kebutuhan pendukung yang lain.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed