by

PLN NTB Sudah Aliri Listrik 44 Dusun Sepanjang Hari

MATARAM – Kalau sebelumnya, pelanggan listrik di 44 dusun se Nusa Tenggara Barat (NTB) hanya menikmati aliran listrik selama 12 jam dalam sehari, Tercatat, di tahun 2020, PLN NTB telah berhasil mengalirkan listrik selama 24 jam ke rumah 3.949 kepala keluarga (KK) pelanggan.

44 dusun tersebut berada di Desa Sekotong Tengah, Kabupaten. Lombok Barat (3 dusun) ; Desa Oi Katupa, Kabupaten Bima (2 dusun); Desa Nggelu, Kab Bima (3 dusun); Desa Batu Dulang, Kabupaten Sumbawa (1 dusun); 4 Desa di Kecamatan Kelawis, Kabupaten Sumbawa (8 dusun); 4 Desa di Kec. Lantung (12 dusun) dan 5 Desa di Kec. Ropang, (15 dusun) Kabupaten Sumbawa.

Untuk melistriki seluruh dusun tersebut, PLN NTB membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 98.45  kms dan jaringan tegangan rendah sepanjang 12.39 kms. Selain itu, PLN juga menyiapkan 9 buah gardu dengan kapasitas 660 kVA.

Rasio desa berlistrik, telah 100 persen tercapai di akhir tahun 2018. Saat ini, PLN NTB fokus  melistriki dusun yang belum memperoleh listrik dari PLN. ”Namun, tentunya tak lepas dari dukungan dari stakeholder terkait,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran,.

Salah seorang warga yang tinggal di Desa Kelawis Mail menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN karena listrik bisa dinikmati 24 jam. “Terima kasih PLN. Karena listirk menyala 24 jam di sini. Jualan saya bisa lebih banyak hasilnya,” ujar Mail.

Hal serupa disampaikan oleh Camat Ropang, Abdul Rais atas upaya yang dilakukan PLN sehingga listrik bisa masuk ke Kecamatan Ropang. Masuknya listrik 24 jam, akan sangat membantu pelayanan perkantoran, lembaga pemerintah dan bidang usaha yang bergerak di bidang pertukangan akan lebih produktif.

Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB M Husni mengapresiasi capaian kinerja PLN NTB yang telah dan akan terus berupaya mengalirkan listrik hingga ke tingkat dusun. Hal ini sejalan dgn visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018-2023 khususnya terkait dengan upaya penurunan angka kemiskinan serta mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Dikatakannya bahwa upaya PLN ini menjadi luar biasa karena diwujudkan dalam masa Pandemi Covid-19 sedang melanda seluruh pelosok negeri. Diharapkan upaya tersebut tetap dilaksanakan. ”Hingga seluruh dusun di Provinsi NTB dapat teraliri listrik PLN, ” kata Husni.

Selain upaya untuk melistriki 24 jam, PLN juga memiliki program untuk masyarakat yang tinggal di daerah 3T, yaitu Terdepan, Terluar dan Tertinggal, PLN memberikan diskon Biaya Penyambungan (BP) untuk layanan pasang baru.

Dengan program ini, calon pelanggan yang memenuhi kriteria di atas akan memperoleh diskon 50 persen untuk layanan pasang baru dan berlaku bagi calon pelanggan tarif rumah tangga daya 450 dan 900 VA.

Selain untuk warga di daerah 3T, program ini juga berlaku bagi masyarakat yang Nomor Induk Kependudukannya terdaftar di Basis Data Terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Program ini berlaku hingga Desember 2022.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed