by

PLN Gelar Sasambo Electrifying Lifestyle di pulau Wisata Gili Trawangan

TRAWANGAN – PLN Nusa Tenggara Barat (NTB) siap mendukung program konversi kompor Liquified Petroleum Gas (LPG) ke kompor induksi. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Sasambo Electrifying Lifestyle di Gili Trawangan, 22 Agustus 2022.

Kegiatan yang salah satu tujuannya untuk mengenalkan kompor induksi kepada masyarakat ini juga memberikan kesempatan kepada warga di Gili Trawangan untuk menukarkan kompor gasnya dengan kompor induksi.

Manager PLN PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram Wiedhyarno Arief, menjelaskan konversi kompor gas ke kompor induksi merupakan salah satu langkah membangun kemandirian energi karena ketergantungan terhadap impor LPG akan berkurang.

Selama ini PLN melayani 2.595 pelanggan di Gili Trawangan yang daya penggunaannya mcncapai 4.5 megawatt melalui kabel laut. Rincian pelanggannya tertinggi kalangan pengusaha wisata 1644;  rumah tangga 916, sosial 12, pemerintah 19, social 12, layanan khusus 4,

Selain ramah lingkungan dan mengurangi polusi udara, penggunaan peralatan listrik tentunya merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan program konversi energi yang telah dicanangkan oleh pemerintah. ‘’Ssudah ada beberapa masyarakat yang menukarkan kompor gas-nya dengan kompor listrik”, ujar Wiedhy.

Wiedhy berharap selanjutnya pihaknya dapat membentuk ekosistem terkait penggunaan peralatan listrik dan penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Pada kesempatan tersebut, Wiedhy juga menandatangani MoU terkait Program Promosi Bersama Kendaraan Listrik dengan distributor kendaraan listrik yang ada di NTB, CV Tiga Dewa & CV Imamo Rajawali. Diharapkan, dengan upaya tersebut, tidak hanya kompor induksi, namun juga dapat semakin mengenalkan kendaraan listrik di provinsi NTB.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan eco green adalah penggunaan kompor induksi dalam aktifitas sehari hari. Mewakili Pemerintah KLU, Rusdi juga mengucapkan terima kasih kepada PLN. ‘’Karena telah melaksanakan kegiatan di Gili Trawangan,’’ ujarnya.

Rusdi juga berharap, ke depannya PLN dapat membuat jejaring yang kuat untuk mengenalkan tidak hanya kompor induksi, namun juga motor listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU) Rusdi mengemukakan dukungannya kepada PLN dalam upaya untuk mewujudkan eco green, khususnya di Gili Trawangan. ‘’Sebagai perangkat pemerintahan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh PLN seperti ini,’’ katanya.

Sementara itu, General Manager Hotel Royal Regantris atau Rikardus Jumas atau biasa dipanggil Ricky yang hadir mengemukakan  bahwa hotelnya telah menggunakan kompor induksi sejak satu tahun yang lalu, ketika pre-opening. “Penting bagi kami di dunia industri untuk menghemat biaya operasional,’’ ucapnya.

Penggunaan kompor induksi ini dapat menghemat dari sisi biaya operasional tiap bulannya. Selain itu, lebih efisien dan efektif, tidak ribet dan ekonomis dari sisi pemakaiannya. ‘’Sangat praktis, siapapun bisa mengoperasikannya. Dari sisi keamanan, juga sangat terjaga”, kata Ricky.

Mewakili rekan asosiasi hotel di Gili Trawangan, Ricky juga mengucapkan terima kasih karena telah melibatkan pelaku usaha dan memberikan apresiasi kepada PLN yang telah menginisiasi Sasambo Electrifying Lifestyle.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed