by

PLN Bantu Kelompok Kerabat Penyu di Kuranji Lombok Barat

KURANJI LOMBOK BARAT – Penyu tidak hanya menumbuhkan potensi keanekaragaman hayati namun bisa menjadikan potensi wisata. Ini yang dijalani di Desa Kuranji Dalang Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat.

Selama ini penyu adalah satwa liar yang harus dilindungi karena memiliki kriteria populasi yang kecil. PLN, berkolaborasi dengan kelompok masyarakat Kerabat Penyu Lombok dalam upaya konservasi untuk melindungi habitat satwa reptil Omnivora ini.

Menurut Ketua Kelompok Penyu Lombok Masnun, selama ini kendala dalam pengelolaan konservasi penyu adalah minimnya sarana dan pra sarana pengelolaan. Kondisi fisik yang belum memadai seperti belum adanya pagar keliling menyebabkan area penetasan semi alami tidak optimal. Selain itu, kawasan konservasi  ini juga belum memiliki bangunan yang bisa difungsikan sebagai tempat edukasi.

Sebelum adanya bantuan dari PLN, dulu hanya ada kolam tempat pemeliharaan dan menggunakan pagar bambu. ‘’Sekarang, setelah dibantu PLN, kondisi kelompok kami jadi lebih baik,” kata Masnun.

Kerabat Penyu Lombok yang berdiri sejak tahun 2015 ini juga berterima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan dalam rangka upaya pelestarian lingkungan terutama habitat penyu yang ada di sekitar Selat Bali Lombok. “Bantuan ini tentunya akan  meningkatkan upaya konservasi penyu, utamanya jenis penyu Lekang dan penyu Hijau yang akan terus kami kelola,’’ ujar Masnun.

Sebelumnya, menurut Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN NTB, Refa Purwati bantuan yang telah diserahkan di tahun 2022 senilai Rp 120 juta ini berupa  penataan fasilitas penangkaran penyu yang dilakukan dengan cara merevitalisasi bangunan fisik.

Selain itu, untuk mendukung kegiatan wisata edukasi secara berkelanjutan, PLN juga membangun gedung serba guna serta sarana dan prasarana edukasi di area kawasan, yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa ataupun anak sekolah yang berada di sekitar wilayah.

Menurut Refa Purwati, diharapkan bantuan ini dapat memelihara habitat alami penyu, meningkatkan populasi satwa penyu di Kuranji Dalang serta  meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat. ‘’Akan pentingnya upaya pelestarian penyu,” ucap Refa.

Sebelumnya, PLN telah memberikan bantuan untuk Kerabat Penyu Lombok di tahun 2021 senilai Rp 75 juta berupa pembuatan pagar beton keliling lokasi pelestarian penyu Lombok untuk melindungi sanctuary dari faktor ancaman dari luar.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed