by

PLN – Bank Mandiri Buka Akses Listrik Usaha Sektor Pertanian

-Berita, Ekonomi-531 views

JAKARTA – Melalui program electrifying agriculture, PLN terus mudahkan pelaku usaha di sektor pertanian mendapatkan akses listrik guna mendorong peningkatan produktivitas. Kali ini, PLN bersama Bank Mandiri melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penyediaan Layanan Perbankan untuk Mendukung Electrifying Agriculture.

Penandatanganan tersebut dilakukan secara daring oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril dan Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto, Selasa 29 Desember 2020.

Melalui sinergitas ini, PLN dan Bank Mandiri komitmen untuk mendukung program electrifying agriculture melalui penyediaan layanan perbankan berupa pembiayaan bagi para pelanggan atau calon pelanggan yang akan digunakan untuk dapat berpartisipasi dalam program electrifying agriculture dari PLN, sosialisasi dan pemasaran bersama, dan pertukaran data dan informasi untuk mendukung program electrifying agriculture.

Selain itu, kerjasama ini merupakan bentuk kolaborasi antar BUMN dalam meningkatkan produktifitas sektor pertanian, melalui elektrifikasi pompa irigasi serta memperkuat peran sektor pertanian dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor besar penggerak perekonomian negara, khususnya saat pandemi Covid-19.

“Hal ini tentu memberi semangat bagi kami untuk bersinergi dengan pemerintah, pelaku usaha tani dan stake holder lain dalam memperluas dukungan listrik dalam peningkatan produktivitas, mendorong efisiensi para pelaku usaha tani dan mendukung penggunaan energi ramah lngkungan di sektor pertanian,” kata Bob Saril.

Tak hanya di sektor pertanian, program ini juga mendorong produktivitas di sektor perikanan, perkebunan dan peternakan

Lewat sinergi BUMN ini, PLN berharap kesejahteraan petani dan pemberdayaan SDM pertanian dapat meningkat. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini tengah terdampak pandemi Covid-19.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto menyampaikan bahwa sinergitas dengan PLN ini menjadi bentuk kehadiran korporasinya untuk Indonesia. Bank Mandiri siap memberikan akses pembiayaan program electrifying agriculuture bagi para petani.

“Buat petani, ini menjadi peluang untuk mendapatkan akses bantuan pembiayaan dari Bank mandiri. Kita sama-sama BUMN, ini menjadi sinergi BUMN yang baik, bagaimana kita terus mendorong penggunaan listrik secara tepat guna,” ujar Aquarius.

Program electrifying agriculture merupakan bagian dari semangat transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal untuk masyarakat indonesia, khususnya di sektor pertanian.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed