by

Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center Nusa Tenggara Barat

MATARAM – Selama dua pekan terhitung Jum’at 15 April 2022,  Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat atau Pemprov NTB menyelenggarakan Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center NTB. Acara berlangsung hingga puncaknya Malam Takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi menyebutkan kegiatannya berupa Pesantren Expo, bazar Ramadhan, pesantren Ramadhan untuk pelajar, pentas seni budaya Islam, pameran buku, dialog Islam. ‘’Selain itu juga ada kegiatan sosial dan ibadah,’’ katanya, Sabtu 9 April 2022 malam.

Lainnnya adalah pemberian takjil, buka puasa bersama, tarawih, tadarrus, qiamul lail, kultum subuh.  Peringatan Nuzulul Quran dan takbiran sebagai acara puncak. Ada pula lomba Tahfizhul Quran, cerdas cermat, dai yang terbuka untuk peserta dari siswa siswi

Kegiatan tahunan ini yang juga dilakukan oleh berbagai instansi dalam lingkungan Pemprov NTB yang dikolaborasikan oleh Biro Kesra dan UPTD Pengembangan Destinasi Unggulan Daerah yang mengelola Islamic Center. Beberapa kegiatan baik lomba – lomba dan aktivitas peribadatan sudah berlangsung.

Yusron Hadi menyebutkan kegiatan baru yang belum pernah dilakukan pada tahun sebelumnya adalah pesantren expo yang diisi oleh pondok pesantren berupa profile kegiatan pondok, produk kreatif hingga ada ruang performance seni budaya yang ada di masung – masing pondok . Begitu juga ada pesantren Ramadhan tiap akhir pekan Sabtu dan Ahad diisi oleh siswa siswi di kota Mataram yang berlangsung di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB.

Kali ini yang diundang hadir selama Pesona Khazanah Ramadhan 2022 ini sebanyak 10 pondok pesantren yang secara bergilir dan jika pandemic sudah benar berlalu, bisa mengundang lebih banyak lagi.

Dikatakan tampilan pondok pesantren ini supaya masyarakat lebih mengenal pondok-pondok yang ada di daerah sendiri. ‘’Ternyata tidak kalah dengan pondok yang sudah maju lainnya di luar daerah,’’ ucap Yusron Hadi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed