by

Perwakilan NTB Memenangi Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia

MATARAM – Berlangsung 28 – 31 Juli 2022 Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia (FESyar KTI), yang meliputi dua kegiatan utama yaitu Sharia Forum (webinar dan talkshow)  serta sharia fair (tabligh akbar, showcasing produk UMKM, lomba dan business matching)  Sebagai hasilnya, peserta perwakilan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat (KPw BI NTB) berhasil meraih gelar juara pada tiga perlombaan yaitu Juara I Lomba Pondok Pesantren Unggulan yang dimenangkan oleh Pondok Pesantren Ulil Albab Nahdlatul Wathan, Juara I Lomba Wirausaha Muda Syariah yang dimenangkan oleh Erwin Irawan (General Manager CV. Tri Utami Jaya); dan Juara II Lomba Syair dan Puisi Religi yang dimenangkan oleh Arga Purnama dari Komunitas Akarpohon.

Menurut Kepala KPw BI NTB Heru Saptaji, gelar-gelar juara tersebut diumumkan pada akhir pelaksanaan berbagai kegiatan webinar dan talkshow  pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang berlangsung secara hybrid di beberapa daerah termasuk di Provinsi NTB. ‘’Raihan gelar juara tersebut telah berhasil mempertahankan tradisi juara yang selalu diperoleh peserta perwakilan KPwBI NTB dalam gelaran FESyar KTI setidaknya dalam empat tahun terakhir (2019 – 2022)” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB Heru Saptaji, Selasa 2 Agustus 2022.

Kegiatan FESyar KTI 2022 yang dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah FESyar KTI 2022, Kamis, 28 Juli 2022 lalu bertemakan “Penguatan Ekosistem Halal Daerah dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” FESyar KTI 2022 ini ditujukan untuk mendorong akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional sebagai arus baru ekonomi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkesinambungan.

Selain itu, penyelenggaraan FESyar kali ini merupakan rangkaian dari acara Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di Jakarta.(*)