by

Pertama di Indonesia, L’etape Indonesia by Tour de France Di Lombok

MANDALIKA – Pertama kali di Indonesia, L’Etape tour de France diselenggarakan di Lombok, Ahad 20 Februari 2022 pagi. Diikuti oleh 1.308 orang pendaftar asal Indonesia dan warga 12 negara asing di Indonesia, pilihan Lombok oleh penyelenggara asal Perancis setelah membandingkan lokasinya dengan beberapa daerah lain yang ditinjau. ‘’Lombok yang dipilih. Di sini jalan raya bagus, ada tanjakan, tikungan dan turunan. Juga adanya gunung dan pantai,’’ kata Direktur Event L’Etape Indonesia Zacky Badrudin.

Ini adalah kock off pertama Tour de France internasional setelah adanya pandemic. Lomba yang didukung oleh promotor sport dan managemen olahraga Rocca, ada dua kategori balap yang diadakan yaitu The Race berjarak 124 kilomter dan The Ride yang menempuh jarak 84 kilometer. Pemilihan jarak ini disesuaikan dengan kondisi pembalap sepeda amatir di Indonesia  Rutenya mengelilingi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika termasuk di dalam sirkuit, by pass Bandara Internasional Lombok – Mandalika yang baru dibangun, perbukitan Torok Aik Beliq dan mengelilingi kota Praya sebelum kembali ke Mandalika.

Di dalam lomba ini akan ditetapkan King of Mountain dengan polkadot jersey dan jawara sprint mendapatkan jersey hijau. Pemenang lomba secara umum akan mempereoleh jersey kuning serta jersey putih untuk pemenang Youth Category. Adapun jersey yang diberikan menggunakan motif tenunan Sumbawa. ‘’Kami akan mengajak pemenang mengikuti tour de France di sana,’’ ujar Zacky Badrudin.

Menurut Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi reatif dessy Ruhati, sport tourism di kawasan pariwisata prioritas menjadi target. ‘’Tentunya akan berdampak postif dan membangkitkan sektor pariwsata ekonomi kreatif,’’ ucapnya.

Setidak-tidaknya akan membawa dampak ekonomi masyarakat di Lombok hingga sekitar Rp 15 miliar yang dirinci penggunaan transportasi Rp 3 juta, keperluan hotel Rp 750 ribu, makan rp 500 ribu dan belanja oleh-oleh Rp 500 ribu.

Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Coirporation (ITDC) Arie Prasetyo mengatakan penyelenggaraan event tahun ini sebagai tahun kebnagkitan yang menyenangkan. ‘’Ada MotoGP, WSBK dan juga Asia Idemitsu Talent Cup,’’ katanya.

Tidak hanya L’Etape saja yang dikembangkan sebagai kegiatan sport tourism, tetapi ada pula Jambore Bikers yang diselenggarakan di ex Bandara Selaparang Mataram menjelang MotoGP. Kemudian Triathlon,  Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Lalu Amjadmenilai sport tourism ini sangat cocok dilakukan saat terjadinya pandemic. ‘’Kegiatannya dilakukan ri ruang terbuka,’’   ujar Amjad.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed