by

Perpustakaan Digital Untuk Warga di Desa Penyangga Mandalika

MATARAM – Mendukung desa penyangga Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika, sebagai bentuk komitmen dan dukungan Angkasa Pura I ikut serta memajukan pendidikan melalui penumbuhan minat baca masyarakat, utamanya anak-anak usia sekolah dan remaja di wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, Lombok Tengah.

Menurut Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I – Bandata Internasional Lombok (BIL) Arif Haryanto menyebutkan pemberian bantuan berupa perpustakaan digital kepada Pojok Literasi Mandalika di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Kamis 1 Desember 2022.  ‘’Perpustakaan digital merupakan pusat koleksi baik berupa buku (teks), gambar, serta suara dalam bentuk file elektronik dengan sistem digital berbasis jarangan nirkabel (wifi) tak berbayar,’’ katanya.

Perpustakaan digital di Pojok Literasi Mandalika ini berupa dua perangkat komputer yang bisa mengakses materi-materi berupa koleksi buku pelajaran SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 (K-13) dan Kurikulum Merdeka, buku elektronik (e-book) bacaan dari Penerbit Balai Pustaka meliputi kategori sastra klasik, bacaan anak, remaja, dan umum. Juga tersedia video animasi dan edukasi, audiobook, serta company profile dan video-video Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Angkasa Pura I.

Bantuan perpustakaan digital melalui Program TJSL Angkasa Pura I ini melengkapi fasilitas perpustakaan dan mobil perpustakaan keliling bantuan BUMN yang telah ada sebelumnya di Pojok Literasi Mandalika. Perpustakaan digital ini diharapkan dapat semakin membantu meningkatkan minat baca anak-anak dan remaja di Lombok Tengah.

Pengelola Pojok Literasi Mandalika Sri Anom Putra Sanjaya, yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Pujut menyampaikan terima kasih bantuan perpustakaan digital dari Angkasa Pura I untuk Pojok Literasi Mandalika ini. ‘’Anak-anak di sini sangat antusias membaca di komputer. Ke depan akan dibuatkan jadwal agar anak-anak tersebut bisa bergiliran,’’ ujarnya.

AP I – Bil  Kami akan terus mengajak dan mendorong anak-anak untuk memanfaatkan fasilitas ini secara maksimal. Semoga Pojok Literasi Mandalika bisa menjadi pilot project di Kabupaten Lombok Tengah dan menjadi ladang ibadah bagi kita,” ucapnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed