by

Percepatan Kota Cerdas dan Pedesaan Terhubung, XL Axiata – Pemkab Konawe Selatan Kolaborasi

JAKARTA – Kerja sama antara XL Axiata Business Solutions dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan meliputi penerapan beragam solusi (ICT untuk mewujudkan Smart City). Implementasi ini akan mulai dijalankan pada kuartal ke-2 – 2023. Selanjutnya, tahun ini juga XL Axiata Business Solutions juga akan bekerjasama dengan beberapa kawasan industri terkemuka lainnya di wilayah Sulawesi lainnya untuk menerapkan berbagai solusi ICT untuk kemajuan daerah tersebut.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui XL Axiata Business Solutions, siap sepenuhnya mendukung upaya digitalisasi guna mempercepat implementasi program-program smartcity dan konektivitas wilayah kabupaten dan pedesaan di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. XL Axiata Business Solutions menjalin kerjasama dalam penyediaan jaringan internet berkecepatan tinggi untuk kabupaten Konawe Selatan dengan seluruh perangkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Penandatanganan kerja sama telah dilaksanakan  di Jakarta, Jumat (14/3).

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, “Sebuah kebanggan bagi kami, dapat menjadi partner bagi pemerintah kab. Konawe Selatan untuk penyediaan jaringan internet berkecepatan tinggi dalam mewujudkan Konawe Selatan sebagai smartcity. Melalui kerja sama ini kami akan membantu pemerintah Konawe Selatan untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara optimal untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung proses pengembangan daerah Konawe Selatan ke arah digital untuk semua sektor mulai dari industri, pertanian, perkebunan hingga kelautan.”

Lebih lanjut lagi Feby menjelaskan, dalam mendukung program smart city di daerah-daerah, XL Axiata Business Solutions memiliki kesiapan yang mencakup sumber daya, teknologi, hingga pengalaman dalam implementasi pelaksanaan program sejenis di sejumlah daerah di Indonesia. Kerja sama antara XL Axiata Business Solutions dengan Pemkab Konawe Selatan meliputi penerapan beragam solusi (ICT Terintegrasi). Implementasi ini akan mulai dijalankan pada kuartal ke-2  2023. Selanjutnya, tahun ini juga XL Axiata Business Solutions juga akan bekerja sama juga dengan beberapa daerah industry di area Sulawesi.

Dengan keahlian, sumberdaya, dan pengalaman yang ada, XL Axiata Business Solutions sebagai penyedia layanan ICT terintegrasi terpercaya siap sepenuhnya mendukung akselerasi transformasi digital Indonesia. Dari sisi pengalaman, XL Axiata Business Solutions telah membantu sejumlah pemerintah kota/kabupaten dalam upaya digitalisasi di daerah masing-masing.

XL Axiata Business Solutions juga mendukung implementasi teknologi digital di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna menangani masalah banjir melalui program Jakarta Smart City. Pada proyek ini, XL Axiata menerapkan “IoT Flood Monitoring” guna memantau tingkat ketinggian air di sejumlah titik utama yang mempengaruhi potensi terjadinya banjir. Teknologi ini memberikan manfaat berupa sensor sungai yang real time dengan sistem pemantauan, konektivitas yang andal, smartcity dashboard, serta big data dan analitik.

XL Axiata Business Solutions juga telah membantu Pemerintah Kota Bengkulu dalam merintis program smartcity di tahun 2021. Di kota ini, telah berhasil diterapkan antara lain penerangan jalan umum yang menerapkan IoT. Dengan digitalisasi, operasional penerangan jalan bisa berlangsung secara efisien dan efektif, meliputi waktu menyala dan padam, tingkat kecerahan lampu, hingga penggunaan energinya. Di Bengkulu juga, telah diterapkan solusi “IoT Thermal Imaging” untuk mengukur suhu tubuh guna ditempatkan di perkantoran. Solusi ini telah diimplementasikan di gedung-gedung perkantoran guna mencegah penularan penyakit berbahaya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed