by

Pentas Parade Akustik Dispar Lombok Barat Untuk Pemulihan di Senggigi

SENGGIGI – Untuk memulihkan kepariwisataan di Kabupaten Lombok Barat, selama dua hari, Rabu – Kamis 24-25 Februari 2020 lalu, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menggelar kegiatan pertama Calendar of Eventi 2021 berupa pagelaran Parade Akustik yang diikuti oleh 13 kelompok musik dari berbagai kota di Lombok dan bahkan dari berbagai asal Bali, Jakarta, Jawa Timur dan Kupang.

Peserta yang tampil adalah D’Chord, Execute Band, Djangkos Band, One Drop Band, Shankara Band, Groovy Band, Ozone Band, Soulfee Band, Newnormal Accoustik, Roemeo Group, MJS Band, Buku baru dan Biru Jingga.

Berlangsung di Supermarket Oleh-Oleh Sasaku Senggigi, sebagaia bagian dari penampilan perdananya Living in Harmony, penyelenggara mengharuskan peserta  memilih lagu wajib yang tren di tahun 1990an, sewaktu Senggigi dalam masa jaya. ”Primadona bagi para pelancong dari berbagai daerah di Lombok bahkan di Indonesia dan mancanegara,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Saepul Akhkam.

Lagu wajib yang ditetapkan penyelenggara adalah Wish You Were Here dari Pink Floyd, Red Red Wine – UB 40, It Must Have Been Love – Roxette, Kangen – Dewa 19, Mawar Merah – Slank dan Kasmaran – Iga Mawarni. Yang favorit dipilih peserta Wish You Were Here dari Pink Floyd dan I Don’t to Talk About It (Rod Stewart).

Sedangkan lagu pilihannya adalah I Don’t to Talk About It (Rod Stewart), Fields of Gold (Sting), Hotel California (The Eagle), To Be With You (Mr.Big), My Heart Will go On ((Celine Dion), Could You Be Loved (Bob Marley), Sanggupkah (Andi Liany), Cinta (Panduwinata), Terpurukku di Sini (Kla Project). Favorit dinyanyikan peserta Mawar Merahnya Slank.

Saepul Akhkam menyebutkan bahwa Living in Harmony ini tidak hanya dalam misi mengembalikan suasana masa jaya, namun kegiatan pariwisata pertama ini diharapkan bisa menjadi titik balik kebangkitan Senggigi.

Event pertama ini merupakan salah satu usaha mengingatkan hingga mengembalikan suasana masa kejayaan Senggigi sebagai destinasi utama kepariwisataan di pulau Lombok. Event ini merupakan event pertama, pembuka dalam Calendar of Event tahun 2021 ini. ”Kami ambil tema besar yakni Living in Harmony, dan kami mulai di sini di Senggigi,” ujarnya.

Ary Juliyant sebagai salah satu dari 25 orang pelaku hiburan yang tergabung dalam komunitas ERKAEM di Perumahan Montong Kedaton, mengatakan di kawasan Senggigi situasinya terpuruk.

Untuk mengatasi kondisi ekonomi sejak adanya pandemi Covid-19 ini, menyiasati dengan tampil secara streaming dan membuka dompet donasi kepada pemirsanya. Ada saja yang mengirimkan donasi mulai dari Rp 50 ribu, Rp 250 ribu, Rp 500 ribu  ”Saya pribadi pernah dikirimi dari Bandung,” kata Ary Juliyant.

Selain itu, pelaku hiburan di cafe-cafe di Senggigi ini juga harus melakukan usaha lain seperti makanan atau yang lain.

Dua musisi senior Lombok yakni Ary Juliyant dan Suradipa didapuk menjadi juri untuk menentukan penampil favorit pada ajang parade akustik ini, ditambah dengan satu juri tamu yang dipilih acak dari tamu yang hadir menyaksikan event ini.

Setelah dua hari beradu skill dan performa, juri akhirnya memutuskan tiga band penampil favorit. Ke tiga grup band tersebut adalah Buku Baru band, Biru & Jingga serta MJS Band. Mereka berhak memperoleh piagam serta hadiah lainnya seperti piala dan uang tunai. “Cukup sulit memilih tiga favorit, karena semuanya bagus semua,” ucap Kang Ary sapaan akrab Ary Juliyant.

Katanya, berdiskusi cukup panjang untuk memutuskan, dan akhirnya inilah band yang menurut kami yang penampilannya sesuai tema dan punya nilai lebih dari band-band yang lain,” katanya.

Seusai acara, salah satu penampil favorit yakni Buku Baru band menyatakan kebanggaannya ikut serta dalam event ini hingga meraih kategori penampil favorit. “Kami sangat bangga sekali ikut serta dalam event ini, semoga ini bisa menjadi pemantik untuk event-event selanjutnya,” ujar vokalisnya Yudi.

Ia mengaku persiapannya mengikuti event ini sampai dua minggu hingga merekam dan mengunggah video penampilan mereka untuk diseleksi panitia. ”Persiapan. latihan lagu-lagu yang ditentukan, dan Alhamdulillah bisa jadi penampil favorit,” ucapnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed