by

Pemprov NTB Ingin Wisatawan Lama Menginap di Gili Trawangan

GILI TRAWANGAN – Tak cukup sehari dua hari, wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan sebaiknya mempersiapkan lebih banyak waktu. Pasalnya Gili Trawangan tak hanya menyuguhkan panorama yang menawan untuk dinikmati.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara menyiapkan berbagai event yang dapat memperpanjang length of stay atau lama menginap wisatawan.

Ketua BPPD NTB Ari Garmono, menjelaskan Pemprov NTB bekerjasama dengan Pemda setempat menyiapkan berbagai event yang terkoneksi antara kegiatan di Gili dan di daratan KLU.

Selain itu, akan ada branding desa wisata yang menyuguhkan keeksotikan air terjun Santong. Hal tersebut yang nantinya diharapkan Ari akan dapat memperpanjang lama kunjungan para wisatawan. “Koneksitas aktifitas Gili dengan event – event yang ada di daratan KLU dan branding desa wisata air terjun di Santong,” kata Ari Garmono.

Ari melanjutkan, pariwisata di tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno) khususnya Gili Trawangan merangkak pulih dari pandemi Covid-19. Gili Trawangan sendiri salah satu zona wisata hijau di Provinsi NTB yang hampir selalu zero case Covid-19. Sehingga tak heran, Gili Trawangan menjadi tempat yang sangat aman untuk menggelar berbagai event menarik. Salah satunya adalah Gili Festival yang berakhir Sabtu 24 September 2022 lalu.

Gili Trawangan sejak Juli mulai merangkak pulih puncaknya di minggu kedua Agustus yang mencapai 2000 orang perhari. Gili Festival 2022 sendiri diisi berbagai kegiatan budaya dan modern. Pada hari pertama, event dibuka dengan kegiatan mandi safar. Selain itu, terdapat kegiatan Gili Triathlon, fun run, fire dance, wayang sasak, hingga peresean.

PRnya selalu bagaimana menarik wisatawan di Gili ke Mainland agar length of staynya bisa diperpanjang. ‘’Konsepnya sudah ada, semoga tahun depan bisa diimplementasikan,” ujar Ari.

Di KLU ada lima air terjun yang menarik untuk dikunjuungi. Antara lain air terjun Tiu Kelep, Sendang Gile di Senaru yang ketinggiannya mencapai 45 meter. Air terjun Tiu Sekeper yang ketinggiannya mencapai 100 meter, Air terjun Kalianjah Sambielen, Air terjun Tiu Pupus yang ketinggiannya mencapai 50 meter.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed