by

Pembekalan 45 Anggota Balawisata di Lombok Barat

SENGGIGI  – Guna menjaga kemungkinan terjadinya musibah di 30 spot kawasan wisata pantai di Lombok Barat (Lobar), Dinas Pariwisata Lobar memberikan pembekalan keterampilan penyelamatan anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) di Lobar.

Sebanyak 45 orang dari hampir semua destinasi wisata bahari yang ada di Lobar mengikutinya selama empat hari terhitung hari ini, Rabu 7 Juli 2021.

Pembekalan ini melatih para peserta melakukan mitigasi mulai dari melakukan pemetaan pantai yang aman, lokasi yang aman, kemudian sampai ke tahap penyelamatan bila terjadi kecelakaan.

Di hari pertama pelatihan, diberikan oleh Tim Basarnas NTB dan Tim Central Diving Indonesia memberikan materi tentang tindakan pertolongan pertama pada korban sampai ke proses eksekusi penyelamatan korban kecelakaan pada medan air. Selain itu juga ada materi tentang pengenalan biota laut berbahaya serta Green Tourism.

Selanjutnya di hari ke-2, pelatihan dilanjutkan dengan praktek penyelamatan korban kecelakaan di kolam. Di hari ke-3 dan ke-4 akan dilanjutkan dengan praktek penyelamatan korban kecelakaan di laut.

Balawisata diperlukan untuk melindungi, mengawasi, dan menyelamatkan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata bahari dan tirta yang ada di Lobar. Bupati Lobar Fauzan Khalid

menyatakan bangga terhadap warga dan anggota kelompok sadar wisata yang membentuk Balawista. ”Pelatihan ini, menjadikan anggota Balawista memiliki tanggung jawab lebih besar terhadap keselamatan para wisatawan,” kata Fauzan Khalid sewaktu membuka pelatihan yang dilaksanakan di Montana Premier Senggigi, Rabu 7 Juli 2021.

Ia menyebut pembekalan sangat strategis dan akan sangat membantu kondisi kepariwisataan yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Karena banyak sekali destinasi wisata Kabupaten Lombok Barat yang memang sengaja mengedepankan, sengaja mengistimewakan, dan ini ketertarikan masyarakat yaitu wisata pantai,” ujarnya.

Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam juga mengungkapkan pentingnya pelatihan pemandu wisata alam Balawista ini. Seperti yang diketahui, Lobar mempunyai banyak sekali objek wisata bahari dan tirta yang tersebar hampir di semua kecamatan yang ada. Maka untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para wisatawan saat berkunjung, pelatihan Balawista ini sangat diperlukan bagi masyarakat maupun perangkat pemerintah yang ada di kawasan wisata tersebut.

“Kita punya lebih dari 30 spot pantai di Kabupaten Lombok Barat. Alhamdulillah kita disupport oleh teman-teman Pokdarwis yang menghadirkan kepada kita rekan-rekan yang siap membantu kita menjadi volunteer di tempat-tempat wisata pantai,” ucap Akhkam.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed