by

Pelatihan Pembuatan Infografis Pariwisata dan Ekraf

MATARAM – 65 orang anggota komunitas pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapatkan pelatihan pembuatan infografis bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Mataram (Unram), Selasa 5 Oktober 2021 kemarin.

Pelatihan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu penjaringan peserta agar tepat sasaran, pelaksanaan dan monitoring serta tahap pendampingan. Mereka dibekali ketrampilan pertama oleh dosen Ilmu Komunikasi Unram Siti Chotijah S.IP MA terkait dengan bahasa visual dan tren konten media sosial. Siti Chotijah adalah pendiri sekaligus ketua nasional Generasi Pesona Indonesia (Genpi). Sedangkan materi kedua berfokus pada penggunaan aplikasi untuk pembuatan infografis yang menarik oleh Ketua Online Genpi Indonesia Rachmatulla.

Bahasa visual sangat penting, khususnya pada bidang pariwisata dan ekraf. Data menunjukkan bahwa bahasa visual 52 persen lebih efektif khsusunya bagi millenials di media sosial. Inilah dasar melaksanakan pelatihan pembuatan infografis. ”Agar promosi pariwisata di NTB semakin efektif dan efisien,” kata Siti Chotijah yang menjadi dosen pengampu mata kuliah komunikasi pariwisata di Unram.

Pesertanya adalah mereka yang berasal dari kelompok sadar wisata dan komunitas lainnya.

Kegiatan dilaksanakan secara daring, sebagai bentuk pemanfaatan teknologi informasi komunikasi dan mengakomodir berbagai peserta dan penggiat wisata NTB yang berasal dari luar Kota Mataram.

Pelatihan ini menggandeng Genpi Lombok Sumbawa, Genpi Indonesia, NET Good People Lombok serta Pokdarwis di NTB sebagai kolaborasi kampus dengan komunitas dan NGO.

Pelatihan ini merupakan program pengabdian internal prodi Ilmu Komunilasi Universitas Mataram tahun 2021. Sebagai universitas terbesar di NTB Unram berkomitmen untuk sebanyak mungkin berinteraksi dengan masyarakat salah satunya melalui program pengabdian masyarakat.

Ini adalah pelatihan sebagai komitmen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram yang merupakan prodi yang menghadirkan kekhasan bidang pariwisata membuat infografis bidang pariwisata dan ekraf untuk milenials dan pegiat pariwisata di NTB.

Menurut Siti Chotijah saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang sifatnya mobile dan tidak harus premium dalam membuat infografis. Tampilan visual bagi millenials menjadi unsur utama sebelum masuk pada konten komunikasi itu sendiri. Sedangkan algoritma media sosial hanya memberikan waktu beberapa detik untuk meyakinkan audiens agar membaca detail pesan komunikasi yang disajikan. Para peserta juga dibantu pengenalan aplikasi Canva.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Unram Dr. Ir Agus Purbathin Hadi, M.Si mengatakan bahwa komunikasi khususnya komunikasi digital di bidang pariwisata sudah terbukti menjadi solusi yang efektif dan efisien. ”Dalam mengenalkan Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok sebagai destinasi utama di Indonesia,” katanya.

Dua tahun terkahir ini, Ilmu Komunikasi Unram menjadi prodi favorit, yang memberikan kebanggaan sekaligus siap menerima tantangan untuk mengembangkan sumbr daya manusia NTB khususnya bidang komunikasi..(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed