by

Panglima TNI dan Kapolri Mendatangi KEK Pariwisata Mandalika

MANDALIKA –  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika/The Mandalika, Ahad siang 7 Nopember 2021 tadi.

Kedatangannya untuk mendukung penyelenggaraan event balap motor MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Pirelli Indonesian Round,  ”Protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dan dijaga,” kata Hadi Tjahjanto mengingatkan walaupun tren sudah membaik dan angka positivite rate sudah menurun.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan capaian vaksinasi pertama di Kabupaten Lombok Tengah 80 persen dan sebanyak 50,5 persen masyarakat telah melakukan vaksinasi kedua.  ”Agar tidak terjadi seperti beberapa negara yang saat ini disibukkan dengan gelombang ketiga,” ujarnya.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga mengatakan berkat kerja keras seluruh elemen TNI-Polri, Dinas Kesehatan, relawan dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi, dan langkah-langkah dalam rangka melaksanakan pengawalan protkes. ”Saat ini langkah kita sudah bagus dibandingkan kondisi beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Indonesia saat ini menempati posisi pertama di Asia Tenggara dalam Indeks Nikkei dan harus dipertahankan. Indeks Nikkei yang dimaksud adalah indeks pemulihan COVID-19 yang diterbitkan oleh Nikkei. Saat ini Indonesia berada di urutan ke-54 dari 121 negara yang diteliti, yang membuat Indonesia menjadi peringkat pertama dalam pemulihan COVID-19 dibandingkan negara-negara di ASEAN lainnya.

Listyo Sigit Prabowo mengatakan beberapa event nasional maupun internasional sudah mulai dilaksanakan di Indonesia dan berjalan dengan baik dengan tetap menjalankan protkes, sehingga pertumbuhan kasus COVID-19 bisa kita kelola..

Beberapa hari lagi akan terselenggara event internasional kejuaraan IATC dan WSBK di The Mandalika. Untuk itu, mengingatkan mempercepat akselerasi vaksinasi untuk memastikan masyarakat memiliki kekebalan dan imunitas terhadap COVID-19 dan tentunya bagaimana protkes dapat dilaksanakan secara kuat. Tujuannya adalah bisa melaksanakan event-event dengan baik, laju pertumbuhan COVID-19 bisa kita jaga, dan dampak pertumbuhan ekonomi akan semakin baik khususnya di NTB.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengatakan protokol kesehatan ini merupakan hal krusial mengingat event yang akan berlangsung di The Mandalika adalah event prestisius berstandar internasional. ”Yang akan membawa nama Indonesia ke kancah dunia, sehingga diharapkan tidak akan terjadi outbreak,” katanya.

Sebagai informasi, dalam upaya mempersiapkan event WSBK, ITDC Group juga didukung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan RSUD Provinsi NTB dalam upaya mematangkan protkes. Kesiapan-kesiapan yang dilaksanakan terdiri dari ketentuan protkes seperti telah tervaksin, memiliki hasil swab antigen (1×24 jam) atau PCR (3×24 jam) negatif COVID-19 yang terintegrasi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, menggunakan masker dobel, face shield, serta menjaga jarak.

Disamping  pematangan protokol kesesehatan, sarana prasarana fasilitas kesehatan di area Pertamina Mandalika International Street Circuit turut dilengkapi dengan penyediaan ruang isolasi, tenda medis, mini klinik, ambulans, medical center, dan juga tenaga kesehatan terlatih yang akan bertugas saat event WSBK berlangsung.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed