by

Pagi Tadi, Grand Launching Mandalika Track Walk

MANDALIKA – Pagi tadi, Senin 1 Agustus 2022, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, bersama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA) dan Xplorin sebagai bagian dari ITDC Group, menggelar program Mandalika Track Walk Experience.

Kegiatan Mandalika Track Walk Experience ini dihadiri oleh perwakilan BUMN di Lombok, asosiasi pariwisata, perhotelan, awak media, pemerintah daerah, dan komunitas lokal didampingi oleh Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo, Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba dan Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama.

Selama kegiatan berlangsung dua jam mulai pukul 07.25 tamu-tamu undangan melakukan olahraga jalan kaki, berlari maupun bersepeda di lintasan. Berjarak 4,3 kilometer melintasi lintasan sirkuit MotoGP yang meliputi 17 tikungan tersebut, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo menyampaikan, “Pada hari ini kami menyelenggarakan kegiatan Mandalika Track Walk Experience bagi pemangku kepentingan agar mereka dapat mengetahui dan merasakan kegiatan baru kami,’’ kata Arie Prasetyo.

Melalui kegiatan ini, ITDC ingin menunjukkan bahwa Pertamina Mandalika Circuit yang selama sebublan terakhir ini membuka diri untuk didatangi pengunjung berolahraga pagi maupun sore dapat digunakan berbagai macam aktivitas, tidak hanya untuk balapan. ‘’Kami berharap ke depan akan semakin banyak penyelenggara event yang memilih kawasan ini sebagai lokasi venue kegiatan mereka, ‘’ ujarnya.

Mandalika Track Walk, yang dikembangkan oleh MGPA dan Xplorin, merupakan produk dari umbrella brand Mandalika Xperiences yang bertujuan memberikan layanan bagi masyarakat luas untuk berkunjung dan berolahraga di Pertamina Mandalika Circuit seperti berjalan kaki, berlari dan bersepeda. Xplorin adalah unit usaha ITDC yang fokus kepada bisnis manajemen perjalanan wisata dan ticketing system berbasis platform digital serta activation enabler. Sementara, MGPA merupakan unit usaha ITDC yang berfokus mempromosikan berbagai event yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama menyebutkan sebagai unit usaha ITDC, berupaya melakukan inovasi guna mendukung pengembangan bisnis ITDC. Salah satu inovasi yaitu Mandalika Track Walk yang mulai kami selenggarakan sejak 1 Juli lalu. Xplorin melihat potensi ekonomi yang besar dari atensi yang besar dari masyarakat terhadap Pertamina Mandalika Circuit dan potensi ini perlu kita gali semaksimal mungkin sehingga mendatangkan manfaat ekonomi yang besar bagi kita semua.

Berdasarkan hasil survei kepada pengunjung Mandalika Track Walk selama masa soft opening bulan Juli, diperoleh data bahwa 50 persen pengunjung berasal dari luar NTB dengan porsi terbanyak pengunjung berasal dari wilayah DKI Jakarta (32 persen), sementara 50 persen sisanya berasal dari NTB. Dan hampir semua responden survei menyatakan ingin datang kembali untuk mengikuti Mandalika Track Walk. Dengan adanya data tersebut, kami optimistis kegiatan ini dapat menarik semakin banyak pengunjung ke kawasan The Mandalika,” ucap Gemma. Mandalika Track Walk dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.30 – 09.00 WITA. Khusus pada hari Sabtu dan Minggu, ada penambahan waktu di sore hari yaitu pada pukul 16.30 – 18.00 WITA.

Untuk mengikuti aktivitas ini, masyarakat dapat mendaftar dan melakukan pembayaran tiket secara online melalui aplikasi Xplorin yang dapat diunduh pada Playstore maupun Apple Store. Tiket harian tersedia dengan harga Rp 150.000 per orang untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Rp 250.000 per orang untuk Warga Negara Asing (WNA) berlaku untuk hari Senin-Jumat.

Adapun untuk hari Sabtu dan Minggu, tiket dapat dibeli dengan harga Rp 200.000 per orang untuk WNI dan Rp 300.000 per orang untuk WNA. “Pembelian tiket melalui aplikasi Xplorin ini sangat mudah karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran yang beragam seperti QRIS, transfer melalui virtual account, hingga penggunaan kartu kredit.

Xplorin juga memiliki fitur itenerary guide sehingga calon pengunjung Mandalika Track Walk juga dapat mengatur perjalanan mereka selama di Lombok khususnya di The Mandalika. Selain tiket untuk pengunjung individu, kami juga dapat melayani kebutuhan pengunjung yang ingin datang secara rombongan atau dari institusi melalui perjanjian secara B to B,” kata Gemma. “Ke depan, ITDC Group akan terus menyiapkan program-program menarik lainnya seperti Mandalika Circuit Tour, Pengalaman Riding Bersama Pembalap, Safety Riding di Track, dan lainnya.

Hal ini merupakan upaya ITDC Group terus melakukan inovasi program non-event balap guna memenuhi minat masyarakat untuk datang dan merasakan atmosfer Pertamina Mandalika Circuit. Kami berharap dukungan dari semua pemangku kepentingan agar acara ini dapat berjalan sukses sehingga menjadi ikon baru wisata di The Mandalika,” ujar Arie.

Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia Nusa Tenggara Barat Badrun yang mengikuti kegiatan pagi tadi mengatakan dibukanya lintasan sirkuit ini sangat menarik wisatawan yang berkunjung. ‘’Sangat menarik berolah raga di lintasan sirkuit ini,’’ ucapnya.

Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Nusa Tenggara Barat Leja Kodi atau Ingoe yang juga mengelola Leko Travel meminta diberikannya harga khusus travel agent.  Menurutnya, perlu dibedakan harga untuk warga lokal,  harga travel agent dan luar daerah. ‘’Wisatawan ke Lombok ini memiliki dua tujuan yaitu ke Mandalika dan Gili Trawangan,’’ kata Ingoe. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed