by

Oleh-Oleh Coklat Lombok Ankrella

MATARAM – Lombok tidak hanya menghasilkan produk oleh-oleh makanan berbagai rupa. Setidak-tidaknya ada 20 rupa oleh – oleh mulai dari Dodol Rumput Laut, Madu Sumbawa, Tuak Manis, Telur Asin, Susu Kuda Liar, Terasi, kopi hingga sambal.

Belum banyak dikenal walaupun sudah diproduksi sejak 2014, produk olahan coklat yang berbahan asli dari Kabupaten Lombok Utara. Merupakan produk rumah tangga dinamai Coklat Lombok Ankrella.

Produksi coklat rumahan Yang berdiri sejak tahun 2014 ini,memanfaatkan bahan biji coklat asli Lombok yang berasal dari Kabupaten Lombok Utara. ”Sebagai bahan utama saya memanfaatkan coklat asli Lombok Utara ditambah lemak coklat, ” kata Irma Firmana.

Mengangkat produk bahan baku lokal, manfaat coklat Ankrella diyakinj lebih banyak dibanding produk lain. Seperti diketahui bahwa coklat memiliki banyak manfaat diantaranya mengandung banyak anti oksidan,meningkatkan good mood, mencegah atau mengurangi stres, meningkatkan produksi insulin dan menguranngi resiko serangan jantung.

Coklat Ankrella menyediakan berbagai varian rasa. Mulai dari jeruk, gula, aren, rumput laut, dark coklat,dan mete.Harga coklat Ankrella dibandrol mulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu berat 60 gram-70 gram per kotak.

Rasanya berbeda dengan coklat seperti yang dijual dipasaran karena tidak mengandung pemanis buatan, dan tidak menggunakan    xpengawet. ”Kareena itu, harganya lebih mahal dari di toko , karena bahan coklatnya, coklat sehat,” ujarnya.

Selama ini, kata Irma, pemasaran masih terbatas wilayah di kota Mataram. Namun ada beberapa yang sudah dipasarkan ke daerah Jakarta dengan menggunakan sistem pre order.”Penjualan secara online,lewat pesan WhatsApp, Facebook dan Instagram,” ucap IrmaFirmana. Pembeli bisa memesan terlebih dahulu pilihan varian coklat yang diinginkan.

Ankrella merupakan siangatan dari Aneka Kreasi Coklat dan Kue yang dihasilkan industri rumah tangga oleh Irma Firmana di .Jalan Gotong Royong Gg Garuda No.1 Lingkungan Peresak Tempit, Ampenan Tengah. Namun, yang berasal dari luar daerah mengunjungi akun instagramnya @ankrellacokelat.

Ditengah kondisi pandemi seperti sekarang ini,para pelaku usaha harus menyiasati penjualannya agar produksi tetap berjalan. Sebagai usaha mikro kecil dan menengah  Coklat Lombok Ankrella memanfaatkan pemasaran digital atau online,Ankrella.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed