by

Nusa Dua Kembali Menjadi Tuan Rumah 2 Event  Bergengsi! 

NUSA DUA – Mengawali Maret 2024, kawasan The Nusa Dua kembali menjadi tuan rumah dua event bergengsi yaitu Joyland Festival Bali 2024 (Joyland Festival) dan 12th Asia Pacific Breast Cancer Summit (12th APBCS) pada tanggal 1-3 Maret 2024.

Joyland Festival, yang diselenggarakan oleh Plainsong Live di Peninsula Island, adalah yang kedua kalinya diselenggarakan di The Nusa Dua. Festival seni budaya dengan aktivitas dan hiburan terpilih, meliputi pertunjukan musik, pemutaran film, lokakarya kreatif, komedi, dan pasar yang ditargetkan dihadiri 10.000 pengunjung per hari.

Joyland Festival, dimeriahkan oleh sejumlah musisi internasional dan lokal, kontemporer hingga populer diantaranya James Blake (GB), Kings of Convenience (NO), Todd Terje (NO), Gilles Peterson (GB), Shintaro Sakamoto (JP), The Walters dan  Whitney (US), Vansire (US), Ali, BANK, Bilal Indrajaya, Dialog Dini Hari, Envy*, Hindia, Isyana Sarasvati, Mantra Vutura, Nadin Amizah, Stars and Rabbit, The Adams, The SIGIT, White Shoes & The Couples Company, dan masih banyak lagi.

Talenta-talenta eksperimental juga akan tampil di panggung Lily Pad di bibir pantai, dipilih oleh Wok The Rock dan Kasimyn, seperti LnHD b2b rEmPiT g0dDe$$, Mong Tong (Taiwan), PRAED (Lebanon), Rắn Cạp Đuôi (Vietnam), Gangsar, Graung, Gumatat Gumitit Gospell, Kadapat, Putu Septa & Nata Swara dan Rule Kabatram, dan lainnya.

Sementara itu, area komedi dimeriahkan oleh Mo Sidik, Ananta Rispo, Mamat Alkatiri, Wira Nagara, dan kawan-kawan dibawah asuhan Soleh Solihun, akan membuat para hadirin terpingkal-pingkal. Juga akan ada sesi pemutaran film pendek pilihan dari  Jogja-NETPAC Film Festival (JAFF), kegiatan lokakarya, hiburan untuk keluarga, remaja, dan anak-anak juga pasar produk dan makanan lokal juga melengkapi Joyland Festival.

Selain itu, 12th APBCS juga tengah berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang menghadirkan pakar dan penelitian terbaik global, regional dan lokal untuk meningkatkan perawatan pasien selaras dengan tema “Reaching New Heights in Breast Cancer Care”. APBCS 2024, menampilkan opinion leaders terkemuka dari seluruh dunia untuk berbagi wawasan mengenai kanker payudara. Selama 3 hari, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini diisi dengan sesi Bedah Onkologi, Sesi Keperawatan Onkologi, dan diskusi mendalam mengenai temuan lanjutan,Vperkembangan terkini, serta kasus-kasus menantang dalam bidang kanker payudara.

General Manager The Nusa Dua I Made Agus Dwiatmika mengatakan, bersyukur dua event bergengsi kembali terselenggara di kawasan The Nusa Dua pada waktu yang bersamaan mengawali bulan Maret ini. Hal ini tentunya menunjukkan kepercayaan para penyelenggara event maupun stakeholders untuk menggelar event di kawasan The Nusa Dua. ‘’Segala kelengkapan fasilitas serta sistem keamanan yang terintegrasi untuk menjamin event dapat terselenggara dengan aman dan nyaman.”  Katanya.

Pulau Peninsula, Kawasan The Nusa Dua,  menjadi lokasi penyelenggaraan Joyland Festival merupakan sebuah outdoor space yang langsung menghadap Samudera Hindia. Peninsula Island dapat digunakan untuk berbagai kegiatan Meeting Incentive Conference Exhibition (MICE). Dengan luas 5 hektar, Pulau Peninsula dilengkapi dengan fasilitas open stage,  helipad standard Chinook, stage Kecak yang mampu menampung 500 orang, serta wisata alam Water Blow Peninsula Nusa Dua. Selama ini, Pulau Peninsula ini telah menjadi venue penyelenggaraan event tahunan Pesona Nusa Dua Fiesta, Bali Blues Festival serta Nusa Dua Light Festival, selain banyak digunakan sebagai Lokasi wedding, event gathering perusahaan serta festival musik.

Sementara, BNDCC sebagai lokasi penyelenggaraan APBCS 2024, merupakan fasilitas MICE terintegrasi yang terletak di kawasan The Nusa Dua. BNDCC memiliki 44 ruang multifungsi, termasuk aula sub-divisi seluas 4.400 sq.m yang mampu menampung hingga 10.000 delegasi. Salah satunya, Pecatu Hall yang menjadi ruang penyelenggaraan penobatan Miss Global 2022. Ruangan artistik ini memiliki luas 1.770 m2 dan tinggi langit-langit 8 meter, mampu menampung hingga 1.800 peserta, dan dapat diubah menjadi 4 ruang terpisah yang akan memberikan fleksibilitas untuk mengadakan berbagai acara secara bersamaan.

The Nusa Dua sendiri saat ini memiliki 21 hotel yang setara dengan 5.482 serta fasilitas MICE yang mampu menampung lebih dari 21.000 delegasi. Melengkapi fasilitas akomodasi dan MICE ini, di The Nusa Dua juga terdapat atraksi seperti pusat perbelanjaan Bali Collection, Museum Pasifika serta Bali Nusa Dua Theater.

Fasilitas lain yang juga tersedia adalah rumah sakit internasional dan Medical and Fertility Wellness internasional serta lapangan golf 18 holes.  “Kehadiran Joyland Festival dan 12th  APBCS di kawasan kami adalah bukti nyata betapa pentingnya The Nusa Dua dalam mendukung industri pariwisata. Kami berkomitmen untuk berupaya meningkatkan pelayanan, serta mempersiapkan kawasan menjadi lebih baik untuk menyambut penyelenggaraan event bergengsi lainnya. ‘’Semoga dengan berbagai event yang terselenggara di kawasan The Nusa Dua, mampu meningkatkan okupansi kawasan pada Triwulan I 2024 ini.’’ ujar Made Agus.(*)